Internasional

Umat Kehilangan Ulama Besar yang Tak Tergantikan, Syekh M. Ali Ash-Shabuni

MuslimahNews.com, INTERNASIONAL — Inna lillahi wa inna ‘ilaihi raji’un. Telah meninggal dunia ulama besar dan ahli tafsir abad ke-21 Syekh Muhammad Ali Ash-Shabuni, Jumat (19/3/2021).

Syekh Muhammad Ali Ash-Shabuni lahir di Kota Halb (Aleppo) Suriah pada tahun 1930. Beliau menyelesaikan studinya di Universitas Al-Azhar hingga level Takhasus tahun 1954.

Beliau menghabiskan lebih dari 30 tahun hidupnya untuk mengajar di Makkah Al-Mukarramah. Banyak murid-muridnya yang menjadi kiai, ulama, dan tokoh agama di negerinya, termasuk murid-murid beliau di Indonesia.

Syekh Muhammad Ali Ash-Shabuni yang juga merupakan Ketua Persatuan Ulama Suriah termasuk tokoh dan barisan yang terdepan menentang kezaliman di Suriah. Beliau tidak pernah mau berbaris sedikit pun bersama mereka yang mendukung kezaliman.

Beliau membersamai rakyat Suriah yang berhijrah ke perbatasan Turki. Sebagaimana ucapan beliau ketika diwawancarai, mereka (rakyat Suriah) diusir dari kampung halaman mereka secara zalim dan dengan permusuhan karena menuntut kebebasan serta keadilan.

Beliau pun memotivasi, menasihati, menyemangati, dan menguatkan para mujahidin untuk terus melakukan perjuangan karena Allah pasti akan menolong hamba-Nya yang dizalimi.

Selain perjuangannya, karya tulis beliau cukup banyak, yang paling terkenal di antaranya adalah Shafwatut Tafasir dan Tafsir Ayatul Ahkam “Rawa‘i al-Bayan”.

Semoga Allah merahmati beliau dengan rahmat-Nya yang luas. Membalas seluruh khidmatnya, jihadnya, dan jasanya untuk umat Islam, serta menempatkan beliau dalam kenikmatan dan keabadian surga-Nya.

اللَّهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ, اَللهُمَّ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, selamatkanlah dan maafkanlah beliau. Ya Allah karuniakanlah beliau surga dan selamatkanlah beliau dari azab kubur dan siksa neraka. Aamiin. [MNews]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *