[Nafsiyah] Ketika Semua dalam Genggaman-Nya, Allah Tunjukkan Kuasa-Nya

Penulis: K.H. Hafidz Abdurrahman

MuslimahNews.com, NAFSIYAH — Saat semua normal, tidak ada gunung meletus, tidak ada gempa bumi, tidak ada banjir, tidak ada puting beliung, manusia lupa dirinya, bahkan berkacak pinggang menghina Allah, Pencipta dan Pengurus alam semesta, mencampakkan aturan-Nya.

Dengan sombongnya pula menggantikan Allah menjadi pembuat aturan, mengatur alam dengan hukum buatan manusia. Hutan digunduli, gunung dikeruk, dan alam dirusak. Banjir bandang, gunung meletus, gempa bumi, angin topan, dan peringatan alam lainnya adalah ayat-ayat-Nya untuk mengingatkan manusia. Tapi manusia tetaplah manusia. Angkuh dan sombong. Merasa bisa dan merasa berkuasa. Itulah tabiat manusia.

Maka di saat seperti ini, saat semua nyata dalam genggaman-Nya, saat inilah waktu terbaik bagi kita menyadari semuanya, kembali kepada-Nya, dan mengembalikan semua urusan dunia- akhirat kepada-Nya. Karena Dialah sejatinya pemilik alam semesta, dunia, dan akhirat .

Dialah yang berhak mengatur hidup kita. Bukan kita. Inilah aspek kerohanian yang harus menghujam dalam dada kita. Di balik alam semesta, manusia, dan kehidupan ini ada Allah, Pencipta dan Pengatur yang Mahasempurna dan Mahabijaksana. Inilah kesadaran ruhiyah kita. 

Ya Rabb, di saat seperti ini, hanya kasih sayang-Mu yang bisa menyelamatkan kami dan saudara-saudara kami. Ampunilah dosa kami, kesombongan, dan keangkuhan kami. 

Baca juga:  Mekanisme Pemenuhan Kebutuhan Pokok Rakyat Kala Musibah

أستغفر الله العظيم من جميع المعاصي والذنوب [MNews/Nsy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *