[News] Khilafah dan Jihad Ajaran Islam, UIY: Menghalanginya Berarti Menghalangi Kewajiban dari Allah

Memang faktanya Khilafah dan jihad bagian dari ajaran Islam.

MuslimahNews.com, NASIONAL—Cendekiawan muslim Ustaz H. M. Ismail Yusanto menyatakan penegasan Khilafah dan jihad sebagai ajaran Islam adalah hal lumrah, sehingga ketika ada yang mencoba menghalanginya berarti menghalangi kewajiban dari Allah Swt..

“Salah satu hal penting hasil Ijtima’ Ulama awal November lalu adalah penegasan bahwa Khilafah dan jihad bagian dari ajaran Islam. Ini lumrah dan semestinya memang harus disampaikan. Tidak ada yang berhak menghalangi tersebar dan terwujudnya nya ajaran Islam itu. Allah Swt. malah mewajibkannya kepada kita semua. Ketika ada yang mencoba untuk menghalanginya, berarti ia telah menghalangi kewajiban yang telah ditetapkan Allah Swt.. Zat yang menciptakan alam semesta, menghidupkan dan mematikan kita semua,” ujarnya pada “Fatwa MUI Menegaskan Khilafah Ajaran Islam” di YouTube UIY Official, Sabtu (20/11/2021).

Tidak Menghalangi

Jelas sekali, menurutnya, siapa pun tidak boleh melakukan stigma negatif terhadap ajaran Islam, yakni Khilafah dan jihad tersebut. “Semestinya juga tidak boleh ada yang menghalangi usaha untuk memahamkan umat, mengamalkan, serta memperjuangkannya. Apalagi, sampai mempersekusi, mengkriminalisasi, dan menangkapi siapa saja yang berjuang untuk mewujudkan ajaran Islam itu, termasuk membubarkan kelompok atau organisasi yang memperjuangkan Khilafah dan jihad,” kritiknya.

Baca juga:  Keniscayaan Sejahtera di Bawah Naungan Khilafah (1/2)

Ia menandaskan, usaha untuk mengkaji, mempelajari, memperjuangkan, dan mewujudkan ajaran Islam itu harus didukung. “Jadi, tepat jika kemudian ditegaskan bahwa tidak boleh ada stigmatisasi terhadap ajaran Islam, yaitu Khilafah dan jihad,” tukasnya.

Mahkota Kewajiban

Selain itu, ia menegaskan memang faktanya Khilafah dan jihad bagian dari ajaran Islam. “Bahkan, para ulama menyebut Khilafah itu mahkota kewajiban karena darinya banyak sekali kewajiban-kewajiban yang bisa dilaksanakan. Ketika tidak ada, maka akan ada banyak kewajiban-kewajiban yang terabaikan,” ungkapnya.

Ia mengingatkan, sebagai bagian dari ajaran Islam, tentu sudah semestinya kita sebagai seorang muslim mengkaji atau mempelajarinya dengan sebaik-baiknya. “Kemudian menyebarkannya, memahamkannya kepada umat, untuk akhirnya setelah dipahami dan diyakini, selanjutnya diperjuangkan,” cetusnya.

Di akhir uraiannya, ia mendoakan agar Allah Swt. memberikan kekuatan dan kesabaran kepada kita semua untuk menjadi muslim sejati. “Muslim yang mengimani seluruh ajaran Islam, mengkaji, menyebarkan, dan memperjuangkan ajaran tersebut agar terwujud secara nyata di tengah-tengah manusia sehingga bisa memberikan kebaikan atau rahmat bagi seluruh alam,” tutupnya.[MNews/Ruh]

One thought on “[News] Khilafah dan Jihad Ajaran Islam, UIY: Menghalanginya Berarti Menghalangi Kewajiban dari Allah

  • 24 November 2021 pada 08:11
    Permalink

    Sungguh berat amanah dakwah ini shg janji Allah kpd pengembanx mmg besar

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *