[Fikrul Islam] Berdalil dengan Al-Qur’an dan As-Sunah

Penulis: Muhammad Husain Abdullah

MuslimahNews.com, FIKRUL ISLAM – Berdalil (istidlal) dengan Al-Qur’an dan As-Sunah bergantung kepada pengetahuan terhadap bahasa Arab dan bagian-bagiannya. Ini disebabkan Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab. Seperti firman Allah dalam QS Asy-Syuura ayat 95 yang berbunyi, “ … dengan bahasa Arab yang jelas….” dan QS Az-Zukhruf ayat 3, “Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Qur’an dengan bahasa Arab.”

Semua lafaz Al-Qur’an dan As-Sunah merupakan lafaz berbahasa Arab. Adapun beberapa lafaz yang terdapat di dalam Al-Qur’an, yang aslinya bukan lafaz Arab, maka lafaz-lafaz semacam ini telah mengalami proses ta’rib (arabisasi).

Oleh karena itu, setelah dilakukan proses arabisasi, lafaz-lafaz itu menjadi lafaz-lafaz bahasa Arab, seperti kata qisthas (neraca/timbangan) yang berasal dari bahasa Romawi yang artinya al-mizan (timbangan/neraca).

Begitu juga kata sijjil (batu/kerikil seperti lumpur kering) yang berasal dari bahasa Persia yang berarti batu dari tanah. Orang-orang Arab telah menganggap lafaz-lafaz yang telah diarabisasi ini sebagai bagian dari bahasa Arab, sebagaimana lafaz-lafaz yang digunakan oleh orang Arab, tidak ada perbedaan.

Arabisasi adalah membentuk sebuah lafaz asing dengan (memasukkannya ke dalam) wazan bahasa Arab dengan tetap mempertahankan sebagian besar huruf-huruf aslinya.

Misalnya arabisasi pada kata-kata asing, semisal lafaz tilfijan atau tilfizyun berasal dari kata asing (televisi) yang diletakkan ke dalam wazan mif’al, yang juga sewazan dengan kata minqar, mismar, mihmaz, dan seterusnya.

Arabisasi kata-kata asing bukanlah menerjemahkan lafaz-lafaz asing [kemudian dicarikan lafaz yang memiliki makna yang paling dekat dengan makna kata asing tersebut, ed.], sebagaimana dilakukan sebagian kalangan terpelajar, yakni mereka menyebut (Arabisasi) kata televisi dengan kata al-syasyah al-shaghirah (layar mini). [MNews/Rgl]

Sumber: Muhammad Husain Abdullah. Studi Dasar-Dasar Pemikiran Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *