Pribadi Rasulullah

Nama dan Usia Rasulullah ﷺ

MuslimahNews.com, PRIBADI RASULULLAH — [Nama Rasulullah] Muth’im bin Adi menerangkan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Sesungguhnya bagiku ada beberapa nama, yaitu aku Muhammad, aku Ahmad, dan aku Al-Mahi, maksudnya ‘Dengan jalan aku, Allah membasmi kekafiran’. Aku juga digelari Al-Hasyir yang maksudnya ‘Umat manusia dihimpun di belakangku’. Aku pun digelari Al-‘Aqib ‘penerus para Nabi’.”

Hudzaifah ra. bercerita, “Aku bertemu dengan Nabi ﷺ di suatu jalan di Madinah. Ia bersabda, ‘Aku Muhammad, aku Ahmad, aku Nabiyyur Rahmah (Nabi pengajar tobat). Aku Al-Muqaffi (yang datang mengikuti jejak para Nabi). Aku Al-Hasyir dan Nabiyyul Mulahim (Nabi yang mengalami beberapa peperangan).'”

Usia Rasul

Ibnu Abbas ra. berkata bahwa Nabi saw. tinggal di Makkah (setelah menjadi Rasul) 13 tahun. Di sana beliau mendapat wahyu. Di Madinah 10 tahun. Beliau wafat dalam usia 63 tahun.

Muawiyah bin Abu Sufyan berkata dalam khotbahnya, “Rasulullah saw. wafat dalam usia 63 tahun. Demikian pula Abu Bakar dan Umar. Sedangkan aku (sekarang) sudah berusia 63 tahun.”

Aisyah ra. mengabarkan bahwa sesungguhnya Rasulullah saw. wafat dalam usia 63 tahun. Ammar (bekas budak Bani Hasyim) berkata, “Aku mendengar Ibnu Abbas ra. berkata, ‘Rasulullah saw. wafat sedangkan usianya 65 tahun.’”

Anas bin Malik ra. berkata, “Rasulullah saw. tidaklah terlalu tinggi dan tidak  pula pendek. (Kulitnya) tidaklah putih bule, tidak pula hitam. Rambutnya tidak keriting bergulung dan tidak pula lurus kaku. Beliau diangkat Allah swt. (menjadi Rasul) dalam usia 40 tahun. Beliau tinggal di Makkah sebagai Rasul sepuluh tahun dan di Madinah sepuluh tahun, dan Allah swt. mewafatkannya pada usia 60 tahun. Pada kepala dan janggutnya tidak terdapat sampai 20 lembar rambut yang berwarna putih.” Wallaahu a’lam. [MNews/Juan]

Referensi: Kitab asy-Syamailul Muhammadiyyah karya Imam At-Tirmidzi

One thought on “Nama dan Usia Rasulullah ﷺ

  • Masyaallah rindu rasul semoga kita dijalan yg sama dan berjumpa di akhirat kelak

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *