BeritaInternasional

[News] IM-LC: Kaum Muslim dan Ajaran Islam di Berbagai Negeri Butuh Perlindungan Hukum

MuslimahNews.com, INTERNASIONAL — Ketua LBH Pelita Umat Chandra Purna Irawan, S.H., M.H. menyatakan, kaum muslim dan ajaran Islam mengalami banyak permasalahan, sehingga butuh perlindungan hukum.

“Butuh perlindungan hukum terhadap kaum muslim di berbagai negeri yang mengalami banyak persoalan, seperti pembunuhan, pengusiran, dan penjajahan. Termasuk perlindungan hukum terhadap ajaran Islam yang berpotensi mendapat kriminalisasi dan monsterisasi, antara lain niqab, hijab, jihad, dan khilafah,” paparnya saat pidato pembukaan International Muslim Lawyer Conference (IM-LC), Ahad (3/10/2021), di YouTube Al Waqiyah TV.

Sementara itu, Janif Zulfiqar, S.H., selaku master of ceremony menyebutkan, agenda ini bertujuan mencari solusi terhadap nasib saudara-saudara muslim yang mengalami penjajahan dan kezaliman. “Pada agenda ini pun ada 10.000 peserta yang mendaftar dari berbagai negara. Juga menghadirkan pembicara dan pakar hukum dari Amerika, Belanda, Australia, Malaysia, United Kingdom, Yaman, dan Indonesia,” tuturnya.

Tertindas

Para pembicara pada agenda ini mengungkap fakta-fakta ketertindasan kaum muslimin. Betapa banyak kekejaman dan kengerian. Sebagaimana di Palestina, Rohingya, Uighur, Suriah, Yaman, bahkan di negara yang menganggap dirinya demokratis sekalipun. Menurut mereka, hukum-hukum internasional juga tidak mampu menyelesaikan, bahkan dinilai secara selektif digunakan justru untuk kepentingan Barat.

Baca juga:  Ketum PA 212 Dikriminalisasi, Hukum Ditegakkan bukan untuk Mewujudkan Keadilan

Para pembicara juga banyak menyorot salah satu faktor penyebabnya, yaitu nasionalisme yang membatasi kaum muslimin dengan garis imajiner. Akhirnya, mereka menegaskan, ini menjadikan persoalan saudaranya di suatu negeri, seolah bukan persoalan seluruh umat Islam.

Persatuan Umat

Oleh sebab itu, para pembicara bersepakat, agar persoalan ini segera selesai, maka membutuhkan persatuan umat. Caranya, menurut mereka, dengan cara Islam, yaitu adanya sebuah institusi yang akan mempersatukan umat dan mewujudkan kembali umat ini sebagai khairu ummah. Beberapa pembicara menyebutkan, untuk mewujudkannya dengan jalan kenabian, dalam bentuk Khilafah Islamiah.

Di akhir acara, beberapa peserta memberikan testimoni dan mengapresiasi. Mereka mengharapkan para advokat, lawyer, dan yang bergerak di bidang hukum dapat memperluas semua penyampaian ini kepada yang ada di sekitarnya. Tujuannya agar menjadi gerakan universal. [MNews/Ruh]

3 komentar pada “[News] IM-LC: Kaum Muslim dan Ajaran Islam di Berbagai Negeri Butuh Perlindungan Hukum

  • Fatiha Nasywah

    Ummat Islam harus bersatu, kekuatan kaum muslimin diberdayakan untuk melindungi da’wah, semoga Allah melindungi perjuangan Islam dan menyegerakan tegaknya Syariat Islam

    Balas
    • Dyan Indriwati Thamrin

      Saatnya Khilafah kembali ke peradaban dunia! AllahuAkbar!

      Balas
  • Enung Nurhayati

    Maasyaalloh..Allohuakbar..Barokalloh

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *