EventKomentar PolitikNasional

#TokohBicaraHijrah—Hijrah di Mata Praktisi Pendidikan (3)

MuslimahNews.Com, NASIONAL—Tak dimungkiri, sistem pendidikan sekuler yang diterapkan hari ini telah gagal menghasilkan sumber daya yang dibutuhkan untuk membangun peradaban cemerlang. Bahkan sistem pendidikan justru telah dibajak untuk kepentingan melanggengkan hegemoni kapitalisme global.

Para pendidik muslimah tentu punya tanggung jawab penuh untuk mendobrak kondisi ini agar generasi muslim terselamatkan dari skenario penjajahan ini. Mereka semestinya terdorong untuk menghasilkan output pendidikan sebagaimana profil generasi di masa kejayaan Islam. Yakni generasi yang berkepribadian Islam dan siap memberi kontribusi terbaik bagi kemuliaan umat dengan ilmu dan karya nyata.   

Lantas, bagaimana pandangan para pendidik terhadap hal ini? Khususnya terkait momentum hijrah, seperti apa cita-cita dan harapan mereka? Kita simak catatan yang berhasil kami kumpulkan berikut ini.

______

Hijrah Menuju Bangkit Hakiki

Rini Damayanti, S.Si., M.Pd.

Momentum hijrah mengantarkan manusia kepada kebangkitan yang hakiki, sehingga momen ini kita jadikan untuk menuju sistem pendidikan Islam yang mengeluarkan manusia dari penghambaan kepada materi menuju kemerdekaan yang hakiki.

_____

Hijrah, Berjuang Mencetak Ansharullah

Diah Pusaprini

Hijrah bagi seorang pendidik yang memikul amanah besar adalah berjuang melahirkan generasi ansharullah, yang memiliki ketakwaan Individu demi mewujudkan kehidupan rahmatan lil’alamiin.   

Baca juga:  PPDB Zonasi dan Hak Pendidikan yang Tereduksi

_____

Saatnya Menghijrahkan Ilmu

Ai Warni, S.Pd.  (Guru SMA Plus PGRI Cibinong)

Hijrah dalam dunia pendidikan adalah mengubah sistem pendidikan sekuler menjadi sistem pendidikan Islam yang berlandaskan akidah Islam.   

Sudah saatnya kita menghijrahkan ilmu yang dipelajari dari fardu kifayah kepada fardu ‘ain.   Peserta didik yang menekuni bidang-bidang ilmu farhu kifayah harus ditanamkan ilmu dasar agama atau akidah Islam yang kuat serta dibekali pemahaman tentang syariat, fikih, dan ilmu wajib lainnya.   

Dengan begitu, akan tercipta generasi muda yang tidak hanya mahir ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga paham tsaqafah Islam.   Akhirnya mereka akan menjadi dokter sekaligus ulama, atau insinyur sekaligus ustaz, dan lain sebagainya.

_____

Perubahan Butuh Support System

Dwiana Febriani (Praktisi pendidikan Tangsel)

Perubahan yang baik dari seorang pengajar adalah ketika dia mampu menjadikan siswanya seorang ilmuwan yang bertakwa kepada Sang Maha Pencipta.   Untuk itu perlu support system yang menerapkan kurikulum sesuai aturan Allah Swt..

______

Hijrah, Perubahan dan Keterikatan

Tri Rahayu, S.Pd.  (Guru SMP di Tangerang)

Hijrah adalah perubahan.   Perubahan mendasar dari sistem pendidikan sekuler kepada sistem pendidikan berlandaskan akidah karena dengan akidah itu akan tercetak generasi yang taat kepada Allah Swt..

Baca juga:  Prostitusi Demi Belajar Daring, Menambah Stigma Pendidikan Kian "Keriting"

Hijrah pun butuh keterikatan.   Hijrahnya seorang pendidik tidak sekadar mentransfer ilmu saja tapi bagaimana menjadikan ilmu itu memiliki keterikatan dengan Sang Khalik pembuat Ilmu.

_______

Hijrah Harus Berjemaah

Heny Erawati, S.Pd.  (Guru SMP di Tangerang)

Hijrah adalah perubahan diri dari kebodohan menuju kecerdasan.   Dengan memahami Islam sebagai jalan hidup, maka hijrah akan menjadi lebih berarti dengan tujuan mencapai rida Illahi.

Bagaimana meraih hijrah hakiki adalah dengan bergabung dalam jemaah, menjalin ukhuwah untuk meraih  kemenangan Islam di masa depan.

______

Hijrah Bukan Tren

Sarah Siti Maryam, S.Pd.  (Guru SMF Guna Dharma)

Arti hijrah bukan hanya berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.   Bukan pula karena tren di kebanyakan orang, tetapi arti hijrah adalah perubahan menuju ketaatan kepada Allah secara sempurna sesuai aturan Allah.

Seperti halnya minum obat yang awalnya pahit tetapi bisa menyembuhkan.   Begitu juga dengan hijrah yang awalnya begitu berat dijalani tetapi lama kelamaan akan terbiasa dan istikamah.  Kemudian memahami hakikat hijrah adalah keharusan.

_____

Hijrah Paradigma Pendidikan

Vita Yulia Indrasari, S.P.  (Pengurus MGMP Matematika SMK KCD Wil I Prov.   Jawa Barat, Waka Kurikulum)

Momentum hijrah selaiknya menjadi momentum perubahan paradigma pendidikan.  Bukan sekadar mencetak insan produktif dalam potret kapitalisme pendidikan, tetapi insan yang memiliki kepribadian Islam yang unggul dan mampu menciptakan peradaban besar dunia.  Bukan sebaliknya, menjadi budak peradaban. [MNews]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *