[Hadits Sulthaniyah] ke-40: Penguasa yang Zalim Merupakan Problem Terbesar

Hadis mengenai “Kepemimpinan yang Tidak Sah” (Hadis ke-40—45)


MuslimahNews.com, HADITS SULTHANIYAH — Hadis ke-40: “Sesungguhnya perkara yang aku takuti atas umatku adalah para penguasa yang menipu (menyesatkan).” (HR Tirmidzi No. 2155)

Penjelasan

a. Imam al-‘Ayni menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan pemimpin yang menyesatkan adalah para pemimpin yang menyerukan bidah, dosa, dan kerusakan. Mereka juga dikatakan sebagai orang-orang yang memperturutkan hawa nafsunya, sehingga mereka tersesat dan menyesatkan orang lain.

b. Pada bagian lain, Amirulmukminin Umar bin Khaththab ra. mengatakan bahwa Islam akan hancur oleh tergelincirnya para ulama, orang-orang munafik yang berargumentasi dengan Al-Qur’an, serta kepemimpinan para penguasa yang tersesat.

c. Kesesatan dan kezaliman pemimpin akan dapat mengakibatkan kesesatan dan kerusakan seluruh masyarakat. Pemimpin adalah pihak yang mendapatkan legitimasi untuk menerapkan hukum, menentukan batasan-batasan (benar atau salah, baik atau buruk), serta menjaga masyarakat. Dengan posisinya yang istimewa di tengah-tengah masyarakat itu, maka kerusakan yang ditimbulkan oleh pemimpin yang zalim pasti juga luar biasa. [MNews/Gz]


Sumber: Abu Lukman Fathullah, 60 Hadits Sulthaniyah (Hadits-Hadits tentang Penguasa), 2010


 

Baca juga:  [Hadits Sulthaniyah] ke-18: Larangan Kepemimpinan Perempuan

Tinggalkan Balasan