[Pribadi Rasulullah] Doa Rasulullah Saw. Sebelum dan Sesudah Makan


Penulis: Shezan Adzkayra Gerung


MuslimahNews.com, PRIBADI RASULULLAH — Abu Ayyub al-Anshari ra. bercerita, “Pada suatu hari, kami berada di rumah Rasulullah saw., maka beliau menyuguhkan suatu makanan. Aku tidak mengetahui makanan yang paling besar berkahnya pada saat kami mulai makan dan tidak sedikit berkahnya di akhir kami makan.”

Abu Ayyub bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimanakah caranya hal ini bisa terjadi?”

Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya kami membaca nama Allah waktu akan makan, kemudian duduklah seseorang yang duduk tanpa menyebut nama Allah, maka makannya disertai setan.”

Ummul Mukminin Aisyah ra. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Bila salah seorang dari kalian makan, tapi lupa menyebut nama Allah atas makanan itu, maka hendaklah ia membaca, ‘Bismillaahi awwalahu wa akhirahu’ (Dengan nama Allah pada awal dan akhirnya).”

Umar bin Salamah ra. bercerita, ia berkunjung kepada Rasulullah saw. dan kebetulan padanya ada makanan. Rasulullah saw. bersabda, “Wahai anakku, mari dekat kemari. Lantas sebutlah nama Allah Ta’ala (Basmalah). Makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah apa yang dekat padamu.”

Abu Sa’id al-Khudri berkata, apabila Rasulullah saw. selesai makan, maka beliau membaca “Alhamdulillaahil ladzi ath’amana wa saqana wa ja’alana muslimin.” (Segala puji bagi Allah yang memberi makan kepada kami, memberi minum kepada kami dan menjadikan kami orang-orang Islam).

Baca juga:  Mengenal Pribadi Rasulullah ﷺ

Abu Umamah bercerita, adapun Rasulullah saw. bila hidangan makan telah diangkat dari hadapannya, maka beliau membaca, “Alhamdulillaahi hamdan katsiran thayyiban mubarakan fihi ghaira muwadda’iwwa la mustaghna ‘anhu rabbana.” (Segala puji bagi Allah, puji yang banyak tiada terhingga. Puji yang baik lagi berkah pada-Nya. Puji yang tidak pernah berhenti. Dan puji yang tidak akan mampu lisan menuturkannya, ya Allah Rabbal ‘aalamiin)

Ummul Mukminin Aisyah ra. bercerita, Nabi saw. memakan sesuatu makanan bersama enam orang sahabatnya. Tiba-tiba datang seorang Arab dusun lalu ia turut serta memakannya dua suap. Maka, bersabdalah Rasulullah saw., “Sekiranya ia membaca Basmalah, tentu makanan ini cukup untuk kalian semua.”

Anas bin Malik ra. menceritakan, Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah Swt. meridai hamba-Nya yang makan sesuatu makanan, kemudian ia mengucapkan puji kepada-Nya atas makanan itu. Atau minum sesuatu, lalu ia memuji-Nya atas minuman itu.”

Tempat Minum Rasulullah

Tsabit ra. bercerita, Anas bin Malik ra. memperlihatkan kepada kami tempat minuman yang terbuat dari kayu. Tempat minuman itu tebal dan dililit dengan besi.

Kemudian Anas ra. menerangkan, “Wahai Tsabit, inilah tempat minum Rasulullah saw..”

Baca juga:  Sikap Duduk Rasulullah

Anas bin Malik ra. bercerita, “Sungguh ke dalam cangkir ini telah kutuangkan berbagai minuman untuk Rasulullah saw. baik itu air, nabidz, madu, atau susu. Nabidz adalah air kurma, yakni beberapa biji kurma dimasukkan ke dalam air, kemudian dibiarkan (semalam) sampai airnya terasa manis.” Wallaahu a’lam. [MNews/Juan]

Referensi: Asy-Syamailul Muhammadiyyah karya Imam At-Tirmidzi

Tinggalkan Balasan