[Hadits Sulthaniyah] ke-37 dan 38: Penderitaan Seorang Muslim Adalah Penderitaan bagi Seluruh Muslim

Hadis mengenai “Beberapa Aspek Penting dalam Pemerintahan dan Persatuan” (Hadis ke-31—39)


MuslimahNews.com, HADITS SULTHANIYAH — Hadis ke-37: “Kaum muslim itu laksana seorang lelaki. Jika matanya tertimpa sakit, maka seluruh (anggota badannya) juga sakit. Dan jika kepalanya tertimpa sakit, maka seluruh (anggota badannya) sakit.” (HR Muslim No. 4687)

Hadis ke-38: “Perumpamaan orang-orang mukmin itu seperti satu tubuh. Jika sebagian (anggota tubuhnya) sakit, maka seluruh (anggota tubuh)nya juga merasa sakit.” (Musnad Ahmad No. 17690)

Penjelasan:

  1. Kiasan “seperti satu tubuh” dimaksudkan untuk menunjukkan betapa dekatnya hubungan antarsesama kaum muslim, sedemikian dekatnya sehingga rasa sakit yang dialami oleh salah seorang di antara mereka akan dirasakan pula oleh yang lain, di mana pun mereka berada, apa pun bahasa dan kebangsaan mereka.
  2. Riwayat-riwayat ini memberikan penjelasan lebih lanjut atas sejumlah ayat Al-Qur’an yang menyatakan bahwa hanya kaum mukmin yang bersaudara (QS Al-Hujurat: 10), dan bahwa kaum mukmin saling berkasih sayang di antara mereka (QS Al-Fath: 29).
  3. Imam Abdul Razzaq al-Munawi menjelaskan bahwa riwayat yang pertama menekankan tentang hak-hak seorang muslim atas sesamanya, serta dorongan agar mereka saling menyayangi dan tolong-menolong dalam berbagai perkara, selain kemaksiatan.
  4. Dari riwayat-riwayat di atas, dapat digali pemahaman bahwa keselamatan dan keamanan kaum muslim adalah satu. [MNews/Gz]
Baca juga:  [Hadits Sulthaniyah] Ke-2: Bisyarah Mengenai Kembalinya Sistem Khilafah yang Mengikuti Metode Kenabian

Sumber: Abu Lukman Fathullah, 60 Hadits Sulthaniyah (Hadits-Hadits tentang Penguasa), 2010


 

Tinggalkan Balasan