[Sejarah Nasionalisme] Hubungan Jinnah dengan Inggris dan Ibnu Saud dengan Amerika Serikat

MuslimahNews.com, SEJARAH NASIONALISME — Bahkan setelah pendirian Pakistan, Jinnah memilih orang-orang Inggris sebagai staf pribadinya untuk posisi-posisi kunci seperti pimpinan tertinggi Dinas Ketentaraan dan Gubernur Provinsi.

Sikap Jinnah terhadap orang-orang non-muslim dapat disimpulkan dari kunjungannya ke Mess Perwira resimen The Royal Scots. Komandan Opsir bersulang dengan Raja, dan dengan melanggar adat, bersulangan juga dengan Jinnah yang sedang menghadiri jamuan makan malam di mess.

Komandan Opsir bangkit dan berkata,

“Yang mulia, ini merupakan suatu kehormatan bagi kami yang rupanya menyebabkan kami melanggar adat kebiasaan. Kami menganggap kami sebagai prajurit yang baik dan kami menganggap Yang Mulia juga sebagai prajurit yang baik pula.”

Sambil beringsut dari tempat duduknya, Jinnah pun menimpali, “Saya tidak akan pernah melupakan Inggris yang telah tinggal bersama kami di Pakistan untuk membantu kami memulai pekerjaan kami.”

[History Today, Vol. 44, 9 September 1994, hal. 34]

Pada tahun 1950, Ibnu Saud meminta Presiden Truman untuk mengadakan perjanjian kemiliteran yang resmi. Menanggapi permintaan itu, Truman lalu mengirimkan Asisten Sekretaris Negara George McGhee ke Saudi Arabia untuk menetapkan program bantuan militer yang masih terus berlanjut sampai hari ini.

Baca juga:  [Sejarah] Nasionalisme Sejak Diruntuhkannya Negara Khilafah Tahun 1924

McGhee berkata kepada Raja bahwa, “Amerika Serikat akan mengambil langkah secepat mungkin pada setiap saat bila kesatuan dan kemerdekaan Arab Saudi terancam.”

Sang raja, yang tampaknya sangat gembira, menutup pertemuan dengan menyampaikan bahwa dia berharap, “… untuk dimengerti [oleh Amerika] bahwa dia [Ibnu Saud] menganggap bahwa Amerika Serikat dan Saudi Arabia sebagai satu negara.” [The Washington Post, Secret Presidential Pledges Over Years Erected US Shield For Saudis, 9 Februari 1992].

Sumber: Sejarah Nasionalisme di Dunia Islam, Shabir Ahmed dan Abid Karim

Tinggalkan Balasan