Ramadan Sedunia

[Ramadan Sedunia] Ramadan di Rusia, Pesatnya Pertumbuhan Muslim di Negeri Beruang Putih

MuslimahNews.com, RAMADAN SEDUNIA — Bicara tentang Rusia, yang terbayang adalah komunisme. Ya, negara Rusia memang identik dengan negara komunis Uni Soviet yang telah runtuh tiga dekade yang lalu.

Namun, tak semua warga Rusia tak mengenal Tuhan. Bahkan, ternyata, ada muslim di Rusia.

Foto: Republika.co.id

Islam menjadi agama terbesar kedua di Rusia, setelah agama Kristen. Beberapa daerah yang penduduknya muslim adalah Ingushetia, Chechnya, Dagestan, Kabardino-Balkaria, Karachay-Cherkessia dan Tatarstan, Bashkortostan, dan beberapa daerah lainnya.

Terdapat banyak masjid di Rusia. Masjid Agung Moskow merupakan masjid terbesar di Eropa.

Foto: Kumparan.com

Ramadan di Rusia berjalan sebagaimana hari-hari biasa. Tidak ada hari libur atau perubahan jam kerja.

Hidangan chechen (Chechnya) dipilih sebagai makanan nasional saat Ramadan karena dianggap lebih sehat. Selain mengandung vitamin dan tumbuh-tumbuhan hijau, hidangan chechen juga kaya akan rempah-rempah.

Di ibu kota Moskow setiap Ramadan, Dewan Mufti Rusia mengadakan “Tenda Ramadan” di dekat masjid Memorial di bukit Poklonnaya. Setiap hari, terdapat sekitar 600 orang dari berbagai bangsa melakukan buka puasa di tenda Ramadan.

Tak hanya buka bersama, Tenda Ramadan juga menyediakan beberapa layanan gratis untuk pengunjung. Berbagai hidangan tradisional muslim tersedia untuk menu berbuka. Bahkan anak-anak juga bisa mengikuti lomba tilawah Al-Qur’an.

Baca juga:  Ramadan di Spanyol, Bumi Andalusia

Tumbuh Pesat

Muslim di Rusia makin meningkat jumlahnya dalam 10 tahun terakhir. Mereka adalah warga asli Rusia. Muslim Rusia berjumlah sekitar 30 juta orang atau 20 persen dari total 144 juta jiwa penduduk Rusia.

Foto: Detik.net.id

Mereka tersebar di Tartastan, Chechnya, Bashkortostan, Dagestan, Ingushetia, Kabardino-Balkaria dan Karachay-Cherkessia. Populasi muslim banyak terdapat di sejumlah kota besar, seperti Moskow dan St. Petersburg.

Beberapa republik yang didominasi oleh pribumi muslim adalah wilayah Volga-Ural (Tatarstan) dan Bashkortostan. Sementara Republik Tatarstan terletak di pusat Eropa Timur.

Meningkatnya populasi muslim di Rusia membuat sejumlah kalangan berspekulasi Islam akan berjaya di Negeri Beruang Putih ini. Menurut Russia Today, para ahli memprediksi bahwa pada 2050 jumlah muslim akan mencapai setengah dari populasi penduduk Rusia.

Foto: Detik.net.id

Jika prediksi ini benar, Rusia akan menjadi salah satu negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Demikianlah, umat Islam secara global jumlahnya kian meningkat. Jika terwujud kesadaran global terhadap Islam kafah, jumlah yang besar ini akan membuat umat Islam makin diperhitungkan. [MNews/Rgl]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *