[News] Banjir Bima, Duka Kita Semua

MuslimahNews.com, NASIONAL — Innalillahi wa inna ilaihi raaji’uun. Bencana tak hentinya menimpa negeri. Kali ini banjir bandang melanda Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, mengakibatkan puluhan ribu jiwa terdampak dan puluhan warga meninggal dunia.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima melaporkan sebanyak 9.245 KK atau 27.808 jiwa terdampak bencana banjir akibat hujan yang mengguyur seluruh wilayah Kabupaten Bima selama kurang lebih sembilan jam pada Sabtu, 3/4/2021 kemarin.

Hujan dengan intensitas tinggi itu menyebabkan bendungan di empat kecamatan (Madapangga, Bolo, Woha, dan Monta) meluap hingga menggenangi lahan persawahan dan perkampungan warga.

Selain itu, banjir juga mengakibatkan terputusnya sejumlah jembatan yang menghubungkan beberapa desa. Jaringan listrik di beberapa kecamatan pun turut putus akibat tumbangnya tiang listrik.

Info terkini, Pusdalops melaporkan sejumlah warga mengungsi dan masih dalam tahap pendataan.

Dilansir dari pikiran-rakyat.com, BPBD Kabupaten Bima telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan desa terdampak untuk menurunkan personel dan melakukan penanganan usai kejadian banjir tersebut. BPBD setempat telah mengirimkan perahu karet, tenda, dan logistik sebagai bantuan awal.

Diminta Tetap Waspada

BMKG memprakirakan terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat-sangat lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi selama sepekan ke depan di sebagian wilayah Indonesia.

Baca juga:  Bergantung kepada Asing, Pengamat Ungkap Pemerintah tak Siap Tanggulangi Bencana

Warga diminta agar selalu waspada karena adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di sebagian wilayah Mataram, Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa Dompu, dan Kota Bima.

Bahkan BMKG memperkirakan adanya potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas deras hingga sangat deras, angin kencang dan gelombang tinggi dalam periode sepekan ke depan di sebagian wilayah Indonesia.

Sementara itu, potensi hujan sangat deras diprediksi mengguyur wilayah Sulawesi Selatan, Bali, NTB, dan NTT.

Semua Turut Berduka

Hingga Senin (5/4) pukul 10.00 WIB, tagar #PrayforNTB dan #PrayforNTT berada di trending topic Twitter. Ucapan dukacita hingga penggalangan dana dengan tagar yang sama, juga semakin ramai di media sosial lainnya.

Keluarga besar MuslimahNews.com turut berbelasungkawa atas bencana banjir bandang ini. Doa terbaik bagi seluruh korban, semoga Allah memberikan kesabaran kepada para korban, dan penanganan dari pihak terkait bisa segera terlaksana dengan sebaik-baiknya. [MNews/Gz]

Tinggalkan Balasan