Khalifah Utsman bin Affan ra Copot Gubernur Kuffah yang Pemabuk

MuslimahNews.com, TARIKH KHILAFAH — Tersebutlah sahabat Al-Walid bin Uqbah yang ditugaskan sebagai Gubernur Kuffah. Suatu kali saat mengimami salat Subuh, ia melakukan kesalahan fatal.

Salat Subuh dilakukannya sebanyak empat rakaat. Dua rakaat salam, setelah itu ia berdiri dan salat dua rakaat lagi. Ributlah jemaah. Mereka bingung, mengapa salat Subuhnya jadi empat rakaat?

Kabar itu dilaporkan pada Khalifah Utsman. Al-Walid bin Uqbah lalu dipanggil ke Madinah. Ada yang memberikan kesaksian kalau melihat Sang Gubernur minum khamr di malam harinya. Ada juga yang menyebutkan kalau setelah mengimami salat, ia muntah seperti orang mabuk khamr.

Al-Walid bin Uqbah lalu dihukum cambuk yang dilakukan oleh Saʿīd ibn al-ʿĀs al-Umawī dan Ali bin Abi Thalib sebagai pengawas pelaksanaan hukuman itu.

Tak hanya dihukum cambuk, ia juga langsung dicopot dari jabatannya. Dalam kitab Al-Bidayah wan Nihayah, Ibnu Katsir tak lagi menuliskan kisah sahabat ini. Besar kemungkinan ia menghabiskan sisa hidupnya dengan melakukan pertobatan. [MNews/Rgl]

Sumber: Republika.co.id

Baca juga:  Parfum Beralkohol, Najiskah?

Tinggalkan Balasan