[Maqalah Ulama] Obat Rindu (dan Sakitnya) Sebagian Orang Hari Ini


Penulis: Ustaz Yuana Ryan Tresna


MuslimahNews.com, MAQALAH ULAMA — Sungguh, di antara kitab yang tidak akan pernah bosan membaca dan mengkajinya adalah Al-Syifa bi Ta’rif Huquq al-Musthafa Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam karya al-Qadhi Iyadh rahimahullah.

Kerinduan akan makin membuncah. Kitab ini benar-benar obat rindu. Selain itu, ada kitab Syamail, Dala’il, Fadha’il, Khasha’ish, dan Sirah.

Pada bagian pertama, bab pertama, hadis ke-7, ada hal menarik bahwa Rasulullah ﷺ adalah rahmat bagi semua makhluk, termasuk bagi orang munafik dan orang kafir.

Dalam Al-Qur’an surah al-Anbiya ayat 107, Allah Swt. berfirman,

وما أرسلناك إلا رحمةً للعالمين

Lalu al-Qadhi Iyadh mengutip penjelasan dengan shighat tamridh,

قيل لجميع الخلق: للمؤمن رحمةً بالهداية، ورحمةً للمنافق بالأمان من القتل ورمحةً للكافر بتأخير العذاب

“Dikatakan (kerahmatan Rasulullah) bagi seluruh makhluk. Bagi orang mukmin rahmat dengan hidayah, rahmat bagi orang munafik berupa amannya mereka dari pembunuhan, dan rahmat bagi orang kafir dengan ditundanya azab atas mereka (karena umat terdahulu, azab bagi yang ingkar pada Rasul-Nya diazab langsung di dunia—pen.).” (al-Qadhi ‘Iyadh, Al-Syifa’ bi Ta’rifi Huquq al-Musthafa, hlm. 58)

Adapun fakta hari ini sungguh menyakitkan. Sebagian orang mengaku mewarisi rahmat Rasulullah, mengampanyekan rahmat Islam, tetapi ia keras dan memusuhi sesama muslim, dan sebaliknya, mereka berkasih sayang dengan orang kafir.

Padahal, karakter umat Muhammad ﷺ adalah keras kepada orang kafir dan lembat lembut di antara kaum muslimin. Inilah gambaran sebagian umat Rasulullah yang sedang sakit. [MNews/Gz]

Sumber: tsaqofah.id/obat-rindu-dan-sakitnya-sebagian-orang-hari-ini/

Tinggalkan Balasan