[News] #100TahunTanpaKhilafah Trending di Twitter, Tanda Umat Semakin Rindu Perisainya?

MuslimahNews.com, INTERNASIONAL — Isu soal sistem pemerintahan Islam—Khilafah—kembali trending di Twitter pada Sabtu (6/3/2021) dengan tagar #100TahunTanpaKhilafah, #YenidenHilafet, dan #TurudisheniKhilafah.

Dari pemantauan MNews, hingga pukul 11.48 WIB, terdapat 20 ribu twit lebih tagar #100TahunTanpaKhilafah telah ditwitkan.

Salah satu akun Twitter @IfanBean menuliskan dalam bahasa Inggris, “How can we be silent about the colonialist exploitation of our resources, when the Lord of the Worlds has made us the obligation to protect it and use it for Islam and Muslims? #TurudisheniKhilafah.

Yang artinya, “Bagaimana bisa kita diam terhadap eksploitasi penjajah atas sumber daya kita, sementara Sang Penguasa dunia telah mewajibkan kita untuk melindungi dan memanfaatkannya untuk Islam dan kaum muslimin?” yang mendapat 270 likes dan 137 retweets.

Akun lain @FathiRojan menulis, “Penderitaan manusia akibat ketiadaan Khilafah sudah nyata di mana-mana. Keadilan hilang, kesejahteraan bagai mimpi yang tidak terjadi.”

Bahkan, akun @BanyuBiru4 mengungkapkan sisi lain akibat ketiadaan Khilafah, yakni problem lingkungan dunia, di antaranya 300 ribu orang di Cina dan 22 ribu di Eropa mati akibat polusi batu bara, 12 juta hektare hutan hilang pada 2018, produksi pangan terancam terganggu akibat perubahan iklim, dan sebagainya.

Baca juga:  Shahabiyat, Teladan dalam Penegakan Syariat

Facts that cannot be hidden,” tulisnya.

Hal ini seiring dengan pernyataan jurnalis Islam, Mujiyanto, yang menyatakan bahwa kapitalisme global telah mengeksploitasi sumber daya alam dan manusia.

“Demi kepentingan mereka sendiri, bukan demi kesejahteraan manusia semuanya,” tulisnya sebagaimana dibagikan dengan tagar #100TahunTanpaKhilafah ini.

Seperti yang diketahui, 3 Maret 1924 M/1342 H adalah saat keruntuhan Khilafah Utsmaniyah. Sehingga, telah genap 100 tahun abad hijriah (1342—1442 H) sistem yang disebut sebagai perisai umat itu runtuh.

Pakar ekonomi Islam, Dwi Condro Triono, Ph.D., pernah mengungkapkan, “Kembali tegaknya Khilafah Islamiah di atas muka bumi ini adalah janji Allah, tugas manusia hanyalah memperjuangkannya sebagai tanda wujud ketaatannya kepada Allah Swt..”

Ulama kontemporer K.H. Rokhmat S. Labib pun menyatakan, “(Manusia) akan terus dihantam dengan aneka problem dan masalah tatkala berpaling dari syariah,” sembari menyitir dalil Al-Qur’an surah Thaha ayat 124.

Oleh sebab itu, umat Islam melalui pergerakannya di dunia maya ini, juga mengharapkan agar Khilafah dapat tegak kembali.

“Sebagai seorang muslim, kita harus yakin (bahwa Khilafah akan tegak kembali),” tulis akun @littaalum. [MNews/Gz]