[News] Dr. Nazreen: Khilafah Kebutuhan Muslim dan Nonmuslim, Saat Ini dan Selamanya

MuslimahNews.com, INTERNASIONAL — Khilafah telah runtuh 100 tahun lamanya, padahal Khilafah telah melindungi kaum muslim maupun nonmuslim, menyelamatkan mereka, menjaga dan membiarkan mereka menetap di tanah kaum muslimin.

Hal ini disampaikan aktivis muslimah, Dr. Nazreen Nawaz, pada acara internasional Women & The Global Call for The Khilafah yang diselenggarakan secara virtual.

Dalam pembahasan “What would the life of women be like under the Khilafah State?” ia memaparkan, Khilafah sangat dibutuhkan saat ini karena telah tercantum dalam Al-Qur’an. Sesuai firman Allah Swt.,

“Barang siapa yang berhukum tidak berdasar apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang kafir.” (QS al-Maidah: 44).

Selain itu, Imam Qurthubi juga mengatakan Khilafah adalah salah satu pilar ajaran Islam. Perlindungan terhadap ajaran Islam pun tergantung pada eksistensi Khilafah.

“Namun saat ini kita telah kehilangan negara tersebut (Khilafah –red.). Satu demi satu kewajiban-kewajiban di dalam Islam dan keyakinan terhadapnya terus diserang. Contohnya hijab yang merupakan pakaian muslimah, dilarang di berbagai negara. Juga peredaran khamr dan judi yang terus dikenalkan di dunia muslim,” ungkapnya.

Ia juga mengutip kebenaran hadis Rasulullah saw. bahwa telah terlihat lepasnya ikatan demi ikatan, yang pertama adalah hukum-hukum pemerintahan Islam dan yang terakhir adalah salat.

Baca juga:  Dr Nazreen Nawaz: Membela Rasulullah Kewajiban Kaum Muslimin

“Padahal Khilafah adalah sistem yang akan melindungi kehidupan dan milik kaum muslimin,” urainya.

Ia menyampaikan Shalahuddin al-Ayyubi dan Al Mu’tashim Billah merupakan contoh pemimpin muslim dalam Khilafah yang memberikan penjagaan kepada rakyatnya, demikian juga dengan banyak khalifah lainnya. Sesuai sabda Rasulullah,

Sesungguhnya al-Imam (Khalifah) itu perisai, di mana (orang-orang) akan berperang di belakangnya (mendukung) dan berlindung (dari musuh) dengan (kekuasaan)-nya.” (HR Al-Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, dll.)

Khilafah Adalah Kebutuhan

Secara tegas Dr. Nazreen menyatakan, jika dikilas balik, tragedi-tragedi besar yang terjadi seperti genosida, pendudukan wilayah, dan seluruh permasalahan yang dihadapi saat ini, adalah akibat hilangnya negara Khilafah.

Padahal, sebenarnya yang membutuhkan Khilafah tidak hanya kaum muslimin, tetapi seluruh umat manusia.

“Karena Khilafah merupakan sistem dari Allah Swt. yang akan memberikan beragam solusi untuk menyelesaikan persoalan umat,” cetusnya.

Khilafah juga merupakan kebutuhan, tidak hanya untuk saat ini tetapi selamanya.

“Sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab seorang muslim, baik lelaki maupun perempuan untuk menegakkan Khilafah,” tegasnya.

Perempuan Terlindungi dalam Khilafah

Khusus persoalan perempuan, Dr. Nazreen menguraikan perbedaan kehidupan perempuan ketika dalam Khilafah. Dalam sistem Islam yaitu Khilafah, perempuan diangkat nilainya, martabatnya, diberikan perhatian besar juga perlindungan.

Baca juga:  Dr. Nazreen Nawaz Ungkap Agenda Busuk yang Tersembunyi ala Macron

“Bayangkan, perempuan dalam Khilafah memperoleh penjagaan keamanan dalam martabatnya, dalam mendapatkan pendidikan, kehidupan ekonomi, politik, keluarga dan lainnya. Dan ini adalah kenyataan,” tegasnya.

Untuk itu, sebagaimana tercantum dalam kitab karya Syekh Taqiyuddin an-Nabhani tentang kehidupan sosial, Khilafah memiliki beberapa pendekatan.

Pertama, ketakwaan akan menghiasi kehidupan sosial masyarakatnya, mendasarkan perbuatannya atas perintah Allah. Menjadi garda terdepan melawan kejahatan, kekerasan, atau tindakan kriminal lainnya terhadap perempuan.

Kedua, penerapan Islam secara menyeluruh, mengatur hubungan antara lelaki dan perempuan yang sehat, saling menghormati, melaksanakan pernikahan yang akan memurnikan hubungan keduanya dalam kehidupan umum, menjaga pandangan, dan pengaturan lain dalam semua aspek kehidupan.  Perempuan juga menjadi produktif, tidak ada eksploitasi, dan kekerasan seksual.

“Sangat jauh berbeda dengan kehidupan perempuan  saat ini,” tukasnya.

Menegakkan Khilafah: Realistis

Dr. Nazreen menunjukkan bahwa dunia Islam memiliki potensi kekuatan luar biasa, baik tentara, sumber daya alam, dan jumlah umat yang besar. Ini menunggu untuk digerakkan oleh Khilafah berikutnya.

Oleh sebab itu, perlu upaya untuk menghadirkan kembali Khilafah, dan itu realistis.

“Tetapi perlu perjuangan dan upaya keras mengerahkan semua kemampuan untuk memenangkannya secara global. Menjadi realistis juga jika mengikuti seluruh tuntunan Allah dan Rasul-Nya dalam mewujudkannya, serta melaksanakan seluruh hukum-hukum Allah di semua aspek secara murni. Dan sangat realistis karena kembalinya Khilafah adalah janji Allah Swt.,” pungkasnya. [MNews/Ruh]