Peristiwa Penting pada Bulan Rajab

MuslimahNews.com, TSAQAFAH — Atas izin Allah Swt., banyak sekali kemuliaan bagi kaum muslim terealisasi pada bulan Rajab. Bulan Rajab, misalnya, menjadi momen hijrah kaum muslim yang pertama ke Habasyah pada tahun ke-5 kenabian.

Pada bulan Rajab pula Allah Swt. meng-isra-mikraj-kan Rasul Saw. pada tahun ke-10 kenabian. Dalam Isra Mikraj itu Nabi Saw. tidak hanya menerima titah kewajiban salat, beliau pun dikukuhkan sebagai pemimpin bagi seluruh umat manusia. Saat itu beliau dititahkan menjadi imam para nabi dan rasul terdahulu di Baitul Maqdis.

Atas kehendak Allah Swt., bulan Rajab juga menjadi momen pertemuan pertama kali Nabi Saw. dengan kaum Anshar yang mempunyai kemuliaan. Melalui tangan merekalah (kaum Anshar) negara Islam pertama tegak di Madinah.

Sejak itu seluruh hukum syariat bisa diterapkan secara total. Dengan itu, kesucian darah, harta, dan jiwa bisa terjaga (Lihat: Al-Hakim, Al-Mustadrak (IX/497), hadis penuturan Jabir bin Abdullah ra.).

Bulan Rajab juga telah dijadikan Allah Swt. sebagai momen istimewa peralihan kiblat kaum muslim, dari Masjidilaqsa ke Masjidilharam (Ibnu Katsir, Al-Bidâyah wa an-Nihâyah, III/252-253).

Pada bulan Rajab pula, yakni pada tahun ke-2 Hijrah, Rasul Saw. mengirimkan detasemen Abdullah bin Jahsy. Pengiriman detasemen ini menjadi pendahuluan atas peristiwa Perang Badar (Ibnu Katsir, Al-Bidâyah wa an-Nihâyah, III/248-249).

Baca juga:  Nestapa Umat Tanpa Khilafah

Demikian pula Perang Tabuk yang menggetarkan adidaya Romawi. Peristiwa ini terjadi pada bulan Rajab, yakni pada tahun 9 H (Ibnu Hisyam, As-Sîrah an-Nabawiyyah, V/195).

Bulan Rajab juga telah menjadi momen penting bagi perwujudan kemuliaan pada generasi setelahnya. Kota Damaskus (Syam) dibebaskan kaum muslim di bawah panglima Abu Ubaidah bin al-Jarrah ra dan Khalid bin al-Walid ra pada bulan Rajab tahun 14 H/635 M.

Perang Yarmuk, yang dipimpin Khalid bin al-Walid ra, menghadapi Romawi, juga terjadi pada bulan Rajab, yaitu pada tahun 15 H/636 M (Ibnu Katsir, Al-Bidâyah wa an-Nihâyah, VII/4).

Khalid bin al-Walid ra. membebaskan Hirah, Irak, juga pada bulan Rajab (Ibnu Katsir, Al-Bidâyah wa an-Nihâyah, VI/343).

Baitul Maqdis pun berhasil direbut kembali oleh kaum muslim pada bulan Rajab, tepatnya pada 28 Rajab 583 H/2 Oktober 1187 M, di bawah kepemimpinan Shalahuddin al-Ayyubi, setelah mereka mengalahkan pasukan Salib dalam Perang Hittin.

Saat itu pun azan kembali dikumandangkan dan salat Jumat kembali dilaksanakan di Masjidilaqsa setelah 88 tahun diduduki tentara Salib. [MNews/Gz]

Sumber: Buletin Kaffah No. 082 (8 Rajab 1440 H)

2 thoughts on “Peristiwa Penting pada Bulan Rajab

Tinggalkan Balasan