[News] Kapitalisme Pangkal Masalah Perubahan Iklim Global

MuslimahNews.com, NASIONAL — Presiden Joko Widodo menyerukan sejumlah langkah luar biasa bagi upaya penanganan global mengenai dampak perubahan iklim. Hal ini ia sampaikan secara virtual dalam Konferensi Tingkat Tinggi Climate Adaptation Summit (KTT CAS) 2021 (Senin, 25/1/ 2021).

Pertama, memastikan semua negara memenuhi kontribusi nasional bagi penanganan perubahan iklim (Nationally Determined Contribution/NDC). Indonesia, kata dia, telah memutakhirkan NDC untuk meningkatkan ketahanan dan kapasitas adaptasi.

Kedua, mendorong seluruh potensi masyarakat harus dapat digerakkan untuk secara bersama-sama menumbuhkan kesadaran dalam menangani dan melakukan aksi terkait dampak perubahan iklim yang niscaya terjadi di masa mendatang.

Ketiga, menyerukan penguatan kemitraan global. Terakhir, Indonesia mengajak seluruh negara untuk terus melanjutkan pembangunan hijau guna menjadikan dunia yang lebih baik.

Jokowi sangat berharap agar KTT CAS Tahun 2021 ini dapat berdampak pada peningkatan aksi iklim dunia melalui solidaritas, kolaborasi, dan kepemimpinan kolektif global, serta mengawal detail pelaksanaannya di masing-masing negara. (tempo.co, 26/1/2021).

Merespons hal ini, pengamat kebijakan publik Dr. Rini Syafri berpendapat, pangkal penyebab persoalan perubahan iklim global adalah terjadinya pembangunan bersifat kapitalistik yang didukung penuh  sistem kehidupan sekularisme. Khususnya sistem ekonomi kapitalisme dan sistem politik demokrasi.

“Sangat disayangkan, upaya yang diaruskan dunia hari ini tidak sedikit pun menyentuh akar masalahnya tersebut. Bahkan, solusinya justru memperburuk keadaan,” ujarnya.

Misalnya, agenda energi hijau berupa biofuel berbasis sawit yang telah mengakibatkan jutaan hektare hutan dan lahan gambut dimusnahkan. Juga kebakaran hutan dan lahan gambut jutaan hektare setiap tahun.

Oleh sebab itu, ia menegaskan penyelesaiannya hanyalah dengan membuang akar masalahnya.

“Dengan meninggalkan sistem kehidupan sekuler dan menerapkan sistem kehidupan yang berasal dari Al Khalik, pencipta iklim dan seluruh alam semesta yaitu sistem Khilafah,” tegasnya. [MNews/Ruh]

One thought on “[News] Kapitalisme Pangkal Masalah Perubahan Iklim Global

Tinggalkan Balasan