[News] Darurat! Pengungsi Mamuju Sangat Butuh Makanan, Pakaian, dan Selimut

MuslimahNews.com, NASIONAL — Darurat! Para pengungsi dan masyarakat Kabupaten Mamuju yang terdampak gempa bermagnitudo 6,2 SR (15/1/2021) mulai mengalami kesulitan makanan dan pakaian.

Berdasarkan wawancara MNews dengan salah satu warga Mamuju, Besse Megawati (17/01/2021), hingga kemarin (16/1/2021) pemerintah daerah belum bergerak. Toko-toko juga tidak ada yang buka.

Pusat gempa yang berada di daerah Tappalang-Malunda, Kabupaten Mamuju, menyebabkan seluruh wilayah Mamuju kondisinya sama. Di setiap titik ada rumah yang rata dengan tanah. Tidak ada rumah yang aman ditempati, karena kondisinya retak dan goyang.

Sedangkan di Majene yang terkena adalah wilayah perbatasan Mamuju, untuk wilayah kota dan lainnya tidak terkena. Hanya saja, karena sebagian penduduk berdomisili dekat laut maka banyak yang mengungsi. Mereka mengkhawatirkan terjadinya tsunami.

Meski demikian, pemberitaan banyak menyebut kondisi yang parah berada di Majene. Bisa jadi karena yang terkenal dari dulu itu Majene. Kalau Mamuju sendiri karena pinggiran dan merupakan wilayah transmigrasi, baru terkenal setelah menjadi ibu kota provinsi.

Selain itu, warga banyak yang tidak memiliki uang. Jika ada di ATM, ATM-nya tidak beroperasi. Warga berprofesi PNS belum gajian. Rakyat biasa bergerak menyelamatkan diri dengan hanya baju melekat di badan, tidak memegang uang. Sehingga jika ada bantuan yang dihadang di jalan itu wajar dan tentu mereka berhak diberi terlebih dahulu.

Saat ini kebutuhan mendesak bagi warga terdampak adalah makanan dan selimut. Kalaupun ada yang menjual, harganya mahal. Ini dimungkinkan, mengingat hampir semua komoditi yang menjadi kebutuhan di Mamuju, dipasok dari luar daerah. [MNews/Ruh]

One thought on “[News] Darurat! Pengungsi Mamuju Sangat Butuh Makanan, Pakaian, dan Selimut

Tinggalkan Balasan