Seputar Al-Qur’an (Tafsir QS al-Qiyamah [75]: 16-19) Bagian 2/2

Oleh: Ustaz Rokhmat S. Labib, M.E.I.

MuslimahNews.com, TAFSIR AL-QUR’AN – Allah SWT berfirman,

لَا تُحَرِّكۡ بِهِۦ لِسَانَكَ لِتَعۡجَلَ بِهِۦٓ  ١٦ إِنَّ عَلَيۡنَا جَمۡعَهُۥ وَقُرۡءَانَهُۥ  ١٧ فَإِذَا قَرَأۡنَٰهُ فَٱتَّبِعۡ قُرۡءَانَهُۥ  ١٨ ثُمَّ إِنَّ عَلَيۡنَا بَيَانَهُۥ  ١٩

“Janganlah kamu menggerakkan lidahmu untuk (membaca) Al-Qur’an karena hendak cepat-cepat (menguasai)-nya. Sungguh atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya. Jika Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu. Kemudian, sungguh atas tanggungan Kamilah penjelasannya.” (QS al-Qiyamah [75]: 16-19)

Beberapa Pelajaran Penting

Ayat-ayat ini memberikan pelajaran banyak pelajaran penting. Di antaranya: Pertama, besarnya perhatian dan semangat Rasulullah Saw. terhadap Al-Qur’an. Ayat ini turun berkenaan dengan Rasulullah Saw. yang tergesa-gesa menggerakkan bibir dan lidahnya untuk membaca dan menguasai Al-Qur’an. Hal itu dilakukan karena beliau ingin segera bisa membacanya, tidak ingin ada yang luput atau hilang dari beliau, dan segera menyampaikan isinya kepada kaumnya.

Ayat ini melarang beliau untuk terburu-buru membaca Al-Qur’an ketika masih belum tuntas dibacakan kepada beliau. Namun begitu selesai dibacakan, beliau pun diperintahkan untuk mengikuti bacaannya. Allah SWT juga berfirman,

وَلَا تَعۡجَلۡ بِٱلۡقُرۡءَانِ مِن قَبۡلِ أَن يُقۡضَىٰٓ إِلَيۡكَ وَحۡيُهُۥۖ

“Janganlah kamu tergesa-gesa membaca al-Quran sebelum sempurna diwahyukan kepada kamu.” (QS Thaha [20]: 114)

Aspek ini semestinya dijadikan sebagai teladan, yakni semangat dan perhatian yang amat besar dalam mempelajari Al-Qur’an. Artinya, umat ini pun seharusnya bersemangat untuk membaca Al-Qur’an dengan benar, menghafalnya dalam dada, memahami kandungan maknanya, serta mengamalkan dalam kehidupan dan mendakwahkannya.

Kedua, jaminan Allah SWT kepada Rasulullah Saw. tentang Al-Qur’an dengan tiga perkara sehingga beliau tidak perlu khawatir sehingga tergesa-gesa untuk menguasainya:

  1. Menghimpun dan menghafalnya dalam dada beliau. Ini sebagaimana juga ditegaskan dalam ayat lain (Lihat: QS al-A’la [87]: 30.
  2. Dapat membacanya dengan benar. Ayat ini memberikan jaminan kepada Rasulullah Saw. untuk mengukuhkan bacaannya dalam lisan beliau.
  3. Mengetahui makna dan kandungan isinya. Ayat ini memberitakan bahwa Allah SWT mengajarkan dan mengilhamkan kepada beliau tentang makna Al-Qur’an.

Tiga perkara penting yang yang dikandung ayat-ayat ini juga diterangkan oleh Wahbah az-Zuhaili:

  1. Menghimpunnya di dalam dada dan menghafalnya. Ini terkandung pada ayat pertama dan kedua.
  2. Membacanya dan memudahkan penyampaiannya sebagaimana diturunkan. Ini terkandung dalam ayat ketiga.
  3. Tafsir, penjelasan, beserta keterangan makna-makanya. Ini terkandung dalam ayat keempat.[31]

Semua yang beliau dapatkan itu, bacaan Al-Qur’an maupun kandungan isinya, untuk disampaikan kepada umatnya. Abdurrahman as-Sa’di berkata, “Sesungguhnya Nabi Saw., sebagaimana beliau menjelaskan lafal-lafal wahyu kepada umatnya, beliau juga menjelaskan makna-maknanya kepada mereka.”[32]

Ketiga, adab dalam mempelajari ilmu. Hal ini dijelaskan oleh Abdurrahman as-Sa’di. Menurut as-Sa’di, dalam ayat ini terkandung adab dalam menuntut ilmu. Seorang murid tidak boleh terburu-buru untuk bertanya kepada guru sebelum dia usai memberi penjelasan. Setelah guru selesai, murid baru boleh menanyakan apa yang tidak dipahami. Demikian pula ketika awal pembicaraan ada yang mengharuskan diberi tanggapan atau diperbaiki, tidak langsung menolak atau menerima sebelum guru selesai bicara agar dia dapat diketahui dengan jelas apakah yang dikatakan itu benar atau salah. Di samping itu agar murid bisa memahami penjelasan gurunya secara benar.[33] WaLlâh a’lam bi ash-shawâb. [MNews/Rgl]


Catatan kaki:

1        Abu Hayyan al-Andalusi, al-Bahr al-Muhîth, vol. 10 (Beirut: Dar al-Fikr, 1420 H), 350

2        al-Baidhawi, Anwâr al-Tanzîl wa Asrâr al-Ta‘wîl, vol. 5 (Beirut: Dar al-Turats al-‘Arabi, 1998), 266; Abu Hayyan al-Andalusi, al-Bahr al-Muhîth, vol. 10, 350. Lihat juga al-Zamakhsyari, al-Kasysyâf, vol. 4 (Beirut: Dar al-Kitab, 1987), 661; al-Razi, Mafâtîh al-Ghayb, vol. 30 (Beirut: Dar Ihya‘ al-Turats al-‘Arabi, 1420 H), 728; al-Biqa’i, Nazhm al-Durar, vol. 21 (Kairo: Dar al-Kitab al-Islami, tt), 99

3        al-Baidhawi, Anwâr al-Tanzîl wa Asrâr al-Ta‘wîl, vol. 5, 266. Lihat juga al-Jazairi, Aysar al-Tafâsîr, vol. 5 (Madinah: Maktabah al-‘Ulum wa al-Hikam, 1993), 477

4        al-Baidhawi, Anwâr al-Tanzîl wa Asrâr al-Ta‘wîl, vol. 5, 266; al-Zamakhsyari, al-Kasysyâf, vol. 4, 661

5        al-Syaukani, Fat-h al-adîr, vol. 5 (Damaskus: Dar Ibnu Katsir, 1994), 406. Lihat juga al-Thabari, al-Bayân fî Ta‘wîl al-Qur‘ân, vol. 24, 65; al-Zuhaili, al-Tafsîr al-Munîr, vol. 29 (Damaskus: Dar al-Fikr al-Mu’ashir, 1998), 262

6        al-Thabari, al-Bayân fî Ta‘wîl al-Qur‘ân, vol. 24, 65

7        al-Zamakhsyari, al-Kasysyâf, vol. 4, 661

8        al-Samarqandi, Bahr al-‘Ulûm, vol. 3 (Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1993), 522; al-Jazairi, Aysar al-Tafâsîr, vol. 5, 477; al-Qinuji, Fat-h al-Bayân, vol. 14 (Beirut: Maktabah al-‘Ashriyyah, 992), 440

9        Abu Hayyan al-Andalusi, al-Bahr al-Muhîth, vol. 10, 348.

10      al-Razi, Mafâtîh al-Ghayb, vol. 30, 728

11      al-Zamakhsyari, al-Kasysyâf, vol. 4, 661; Ibnu Katsir, Tafsîr al-Qur‘ân al-‘Azhîm, vol. 8, 278, al-Khazin, Lubâb al-Ta‘wîl wa fî  Ma’ânî al-Tanzîl, vol. 4 (Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1995), 371; al-Syaukani, Fat-h al-adîr, vol. 5, 406

12      al-Samarqandi, Bahr al-‘Ulûm, vol. 3, 522

13      al-Razi, Mafâtîh al-Ghayb, vol. 30, 728

14      al-Thabari, al-Bayân fî Ta‘wîl al-Qur‘ân, vol. 24 (tt: Muassasah al-Risalah, 2000), 66

15      al-Syaukani, Fat-h al-adîr, vol. 5, 406. Penjelasan yang sama juga dikemukakan al-Razi, Mafâtîh al-Ghayb, vol. 30, 728

16      Ibnu Katsir, Tafsîr al-Qur‘ân al-‘Azhîm, vol. 8, 278

17      al-Thabari, al-Bayân fî Ta‘wîl al-Qur‘ân, vol. 24, 68

18      al-Thabari, al-Bayân fî Ta‘wîl al-Qur‘ân, vol. 24, 68

19      al-Zamakhsyari, al-Kasysyâf, vol. 4, 661; al-Syaukani, Fat-h al-adîr, vol. 5, 406; al-Qinuji, Fat-h al-Bayân, vol. 14, 440; al-Zuhaili, al-Tafsîr al-Munîr, vol. 29, 262

20      Ibnu Katsir, Tafsîr al-Qur‘ân al-‘Azhîm, vol. 8, 278

21      al-Zuhaili, al-Tafsîr al-Munîr, vol. 29, 262. Pernyataan serupa juga dikemukakan al-Qinuji, Fat-h al-Bayân, vol. 14, 441

22      al-Thabari, al-Bayân fî Ta‘wîl al-Qur‘ân, vol. 24, 69

23      al-Thabari, al-Bayân fî Ta‘wîl al-Qur‘ân, vol. 24, 69

24      Abu Hayyan al-Andalusi, al-Bahr al-Muhîth, vol. 10, 349

25      al-Razi, Mafâtîh al-Ghayb, vol. 30, 728

26      Ibnu Katsir, Tafsîr al-Qur‘ân al-‘Azhîm, vol. 8, 278

27      al-Thabari, al-Bayân fî Ta‘wîl al-Qur‘ân, vol. 24, 70

28      al-Thabari, al-Bayân fî Ta‘wîl al-Qur‘ân, vol. 24, 70

29      al-Qurthubi, al-Jâmi’ li Ahkâm al-Qur’ân, vol. 19 (Kairo: al-Maktabah al-Mishriyyah, 1992), 106

30      al-Qinuji, Fat-h al-Bayân, vol. 14, 441

31      al-Zuhaili, al-Tafsîr al-Munîr, vol. 29, 264

32

33      al-Sa’di, Taysîr al-Karîm al-Rahmân, 899

Tinggalkan Balasan