[Breaking News] Syekh Ali Jaber Berpulang, Umat Berduka Kehilangan Ulamanya

MuslimahNews.com, NASIONAL — Dunia kembali berduka. Ulama karismatik, Syekh Ali Jaber, meninggal dunia pada usia 44 tahun, Kamis pagi (14/1/2021).

Melansir dari keterangan tertulis Ketua Yayasan Syekh Ali Jaber, Habib Abdurrahman Alhabsyi di akun Instagram @yayasan.syekhalijaber, Syekh Ali Jaber meninggal pada pukul 08.38 WIB dalam keadaan negatif Covid-19 di Rumah Sakit Yarsi.

“Kita ikhlaskan kepulangan beliau kepada Rabbnya. Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau. Semoga diterima segala amal shaleh beliau. Do’akan Syekh Ali ya,” ujar Habib Abdurrahman Alhabsyi.

Kabar resmi ini juga diumumkan Manajer Humas & Pemasaran RS Yarsi, Elly M Yahya.

“Telah meninggal dunia Syekh Ali Jaber pada usia 44 tahun di ruang ICU Rumah Sakit Yarsi setelah menjalani perawatan selama 19 hari,” ujarnya. Dalam beberapa hari terakhir, Syekh Ali Jaber dalam kondisi stabil, namun takdir berkata lain.

Sempat Positif Covid-19 dan Masuk ICU

Sebelumnya, Syekh Ali Jaber dinyatakan positif Covid-19 pada Selasa (29/12/2020) hingga masuk ruang ICU RS Yarsi pada keesokan harinya. Kondisi kesehatan Syekh Ali Jaber sempat dikabarkan membaik pada 4/1/2021 hingga terakhir dinyatakan negatif Covid-19.

“Kondisinya pun semakin membaik tim medis menyampaikan apa adanya, bahwa perkembangannya cukup bagus dan terus menunjukkan peningkatan,” tulis akun @syekh.alijaber, Senin (4/1/2020).

Baca juga:  Dr. Fika Komara: Serangan terhadap Ulama dan Wabah Global Islamofobia

Meski sudah dinyatakan negatif, Syekh Ali Jaber tetap harus beristirahat penuh dan lanjut dirawat di RS Yarsi akibat mengalami beberapa gangguan fisik setelah mengidap Covid-19. Langkah ini dilakukan untuk memulihkan kembali beberapa gangguan jasmani yang terjadi akibat Covid-19.

Akun tersebut juga meminta masyarakat untuk mengirimkan doa dan juga mengajak jemaah untuk mengikuti amalan ibadah harian sebagaimana Syekh Ali lakukan.

“Kami berupaya meneruskan hobi beliau, merutinkan sedekah subuh dan beliau gemar membaca surat Al-Baqarah setiap hari,” tulis akun tersebut.

Pendakwah Asal Madinah

Syekh Ali Jaber adalah pendakwah asal Madinah, Arab Saudi, dan makin dikenal ketika menjadi juri di acara Hafiz Indonesia dan aktif berdakwah on air di berbagai stasiun televisi juga off air di berbagai penjuru wilayah Nusantara.

Bernama lengkap Ali Saleh Mohammed Ali Jaber, lahir di Madinah pada 3 Februari 1976. Sebagai anak pertama dari 12 bersaudara, Ali Jaber muda dituntut meneruskan perjuangan ayahnya dalam syiar Islam. Keluarga beliau di Madinah dikenal sebagai keluarga yang religius.

Di usia 10 tahun, beliau sudah menghafal 30 juz Al-Qur’an. Kemudian di usia 13 tahun, beliau mendapatkan amanah untuk menjadi imam di salah satu masjid di Kota Madinah.

Baca juga:  Nasib Ulama di Sistem Sekuler: Dilukai, Dipersekusi, hingga Tak Diakui

Sebelum berdakwah di Indonesia, Syekh Ali Jaber menjalani masa pendidikan ibtidaiah (dasar) hingga aliyah (menengah atas) di Madinah. Setelah itu melanjutkan dengan berguru kepada sejumlah ulama ternama di Arab Saudi.

Pada 2008, Syekh Ali Jaber menikah dengan Umi Nadia dan kemudian tinggal di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Keduanya dikaruniai seorang putra bernama Hasan.

Pada tahun yang sama, ia memutuskan pindah menjadi warga negara Indonesia dan diresmikan menjadi WNI pada 2012. Salah satu alasan di balik kepindahannya adalah agar dapat fokus berdakwah untuk umat muslim di Indonesia.

Kejadian mengejutkan sempat menimpa pada 13/9/2020 lalu. Saat berceramah di Masjid Falahuddin, Sukajawa, Bandar Lampung, Syekh Ali Jaber ditikam orang yang tidak dikenal hingga mengalami luka tusuk bagian lengan kanan. Meski demikian, ia memaafkan pelakunya.

Teruskan Perjuangan

Sosok Syekh Ali Jaber adalah ulama yang menginspirasi, bahkan dianggap sebagai penyambung umat dari pelbagai kalangan. Hal ini terlihat dari banyaknya doa dan simpati yang mengalir untuknya. Kepergiannya jelas membuat dunia berduka. Umat kehilangan ulamanya.

Innalillahi wa inna ilahi raa’jiun. Semoga segala amal ibadah beliau diterima di sisi-Nya. Aamiin. [MNews/Gz]

3 thoughts on “[Breaking News] Syekh Ali Jaber Berpulang, Umat Berduka Kehilangan Ulamanya

Tinggalkan Balasan