NafsiyahPendidikan Anak

Anak Perempuan Akan Membawa Nama Keluarga

(Catatan Pinggir Atas Kitab Adabul Islam fi Nizhamil Usrah Bab Bainal Aba’ wal Abna)

Oleh: Ustaz Yuana Ryan Tresna

MuslimahNews.com, NAFSIYAH – Pada Muraja’ah Kitab Adabul Islam fi Nizhamil Usrah Bab Bainal Aba’ wal Abna halaman 26 dengan para ummahat (8/11/2020), terselip sebuah pesan singkat bahwa kemuliaan orang tua (ayah) tergantung pada kemuliaan anak perempuan. Demikian juga nama baik ayah tergantung pada nama baik anak perempuan.

Baik dan buruknya anak perempuan akan menyeret nama keluarganya. Perempuan yang shalihah akan membawa harum suami dan ayahnya, meski keduanya tidak shalih. Perempuan yang tidak shalihah akan membawa buruk pada suami dan ayahnya, meski keduanya shalih.

Itulah di antara keistimewaan anak perempuan. Oleh karenanya, hati-hatilah mendidiknya.

Pada QS. At-Tahrim ayat 10, Nabi Nuh dan Luth namanya terseret karena keburukan istrinya,

ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا لِلَّذِينَ كَفَرُوا امْرَأَتَ نُوحٍ وَامْرَأَتَ لُوطٍ ۖ كَانَتَا تَحْتَ عَبْدَيْنِ مِنْ عِبَادِنَا صَالِحَيْنِ فَخَانَتَاهُمَا فَلَمْ يُغْنِيَا عَنْهُمَا مِنَ اللَّهِ شَيْئًا وَقِيلَ ادْخُلَا النَّارَ مَعَ الدَّاخِلِينَ

Allah membuat istri Nuh dan istri Luth sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua istri itu berkhianat kepada suaminya (masing-masing), maka suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikit pun dari (siksa) Allah; dan dikatakan (kepada keduanya): “Masuklah ke dalam jahanam bersama orang-orang yang masuk (jahanam).”

Pada QS. At-Tahrim ayat 11, Fir’aun namanya terbawa karena kebaikan istrinya,

وَضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا لِلَّذِينَ آمَنُوا امْرَأَتَ فِرْعَوْنَ إِذْ قَالَتْ رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Dan Allah membuat istri Fir’aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata, “Ya Rabku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zalim.”

Pada QS At-Tahrim ayat 12, Imran namanya terbawa harum karena kebaikan anak perempuannya,

وَمَرْيَمَ ابْنَتَ عِمْرَانَ الَّتِي أَحْصَنَتْ فَرْجَهَا فَنَفَخْنَا فِيهِ مِنْ رُوحِنَا وَصَدَّقَتْ بِكَلِمَاتِ رَبِّهَا وَكُتُبِهِ وَكَانَتْ مِنَ الْقَانِتِينَ

Dan (ingatlah) Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) Kami, dan dia membenarkan kalimat Rabnya dan Kitab-Kitab-Nya, dan dia adalah termasuk orang-orang yang taat.

Begitulah lazimnya. Saat anak perempuan baik atau buruk, orang-orang akan bertanya, “Siapa gerangan ayah atau suaminya?” Dan itu tidak terjadi pada anak laki-laki.

Jadi, berhati-hatilah mendidik anak perempuan. [MNews/Gz]

Sumber: https://t.me/yuanaryantresna

2 komentar pada “Anak Perempuan Akan Membawa Nama Keluarga

  • Rusmiyanti

    Yaa Allah semoga hamba dan anak perempuan hamba bisa membawa klg hamba ke jannahMu bersama ayah, suami adik dan anak”.jg klg hamba. Aamiin

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *