Bertobatlah Sebelum Masa Itu Tiba

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

MuslimahNews.com, NAFSIYAH – “Bersegeralah menuju ampunan dari Tuhanmu dan bersegeralah menuju surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa.” Demikian firman Allah SWT dalam QS Ali Imran ayat 133.

Melalui ayat ini Allah SWT menyuruh kita untuk bergegas, tidak menunda, apalagi mengabaikan kesempatan dunia ini untuk meraih apa yang sejatinya paling kita butuhkan, yakni ampunan dan surga-Nya Allah Ta’ala.

Bahkan Allah menggambarkan bahwa surga adalah sebaik-baik tujuan karena keagungannya jauh melebihi apa yang ada di dunia atau apa yang kita inginkan. Sehingga menjadikan yang lain sebagai tujuan, tak bisa dibandingkan dengan surga yang telah Allah sediakan bagi hamba-hamba-Nya yang bertakwa. Luasnya, keindahannya, kenikmatannya dan kekekalannya, tak ada duanya.

Sayangnya hari ini, kebanyakan manusia justru kehilangan kecerdasan mereka. Memilih yang fana daripada yang kekal. Lebih suka yang sedikit daripada yang banyak tak berkesudahan.

Mereka lalai atau tersimpangkan dari jalan kebenaran. Urusan dunia begitu menyilaukan mata. Hingga mereka lupa akan sempitnya kesempatan hidup di dunia dan lupa akan balasan yang akan diperoleh dari setiap perbuatannya.

Baca juga:  Ramadan Bulan Tobat

Ai antara mereka ada yang dengan sombong dan bangga melakukan penentangan terhadap Allah dan Rasul-Nya. Meniru sifat Fir’aun dan Namrud, melakukan perlawanan terhadap syariat-Nya, dan menempatkan diri sebagai pembuat syariat.

Seolah-olah, segala nikmat yang mereka dapat, termasuk kesempurnaan jasad, rezeki yang berlimpah, napas yang terhembus, dan setiap detik kesempatan hidup yang ada pada mereka, semuanya mereka dapat dari kehebatan dirinya.

Padahal berkali-kali Allah ingatkan dalam firman-Nya, bahwa dunia ini hanya sementara dan apa yang terjadi di dalamnya hanyalah permainan semata. Siapa pun bisa melihat fakta, kematian itu nyata, tak ada yang mampu menolaknya seberapa pun hebat kekuasaannya.

Sungguh Allah Ta’ala begitu Maha Pengasih dan Maha Pengampun. Tatkala manusia lalai bahkan tersesat, Allah siap membersihkan hamba-Nya dengan membukakan pintu tobat. Bahkan pintu itu selalu terbuka sebelum kematian seseorang tiba.

Allah pun bergembira menerima tobat hamba-Nya, padahal tobat itu tentu bukan untuk-Nya. Sebagaimana Rasulullah Saw bersabda,

“اللَّهُ أَفْرَحُ بِتَوْبَةِ عَبْدِهِ مِنْ أَحَدِكُمْ سَقَطَ عَلَى بَعِيرِهِ وَقَدْ أَضَلَّهُ فِي أَرْضِ فَلَاةٍ”

“Allah SWT lebih gembira dengan tobat hamba-Nya, melebihi salah seorang dari kalian yang mendapatkan hewan tunggangannya yang telah hilang di padang yang luas.” (HR Bukhari dari Hudbah, dari Hammam, dari Qatadah dan dari Anas ra.)

Baca juga:  [Nafsiyah] Masihkah Mau Bermaksiat, Enggan Bertobat?

Bisa dibayangkan, bagaimana gembiranya seseorang yang kehilangan tunggangan di padang yang luas? Di tengah terik matahari dan keputusasaan yang mendera, tiba-tiba harapan keselamatan itu datang di hadapan mata. Tentu tak tergambarkan dengan kata-kata.

Tak tercatat banyaknya dosa yang telah kita perbuat. Termasuk dosa hidup tanpa syariat. Maka, bagaimanakah kita bisa tegak berdiri kelak, di hadapan keagungan pengadilan Allah yang Maha Menghisab, jika hari ini kita tidak segera bertobat?

Sungguh tak ada sebaik-baik tobat selain segera menyadari kesalahan, memohon selaksa ampunan dan menebus kelalaian dengan segera melaksanakan ketaatan. Caranya adalah dengan berupaya sekuat tenaga melaksanakan seluruh aturan Allah dalam urusan individu, keluarga, masyarakat, dan negara.

Dan jika hari ini belum semua mewujud, maka bukti tobat kita adalah dengan cara sungguh-sungguh berjuang agar seluruh syariat Allah tegak dalam seluruh aspek kehidupan. Meskipun untuk itu kita harus siap berkorban harta, tenaga, waktu, bahkan nyawa. [MNews/SNA]

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

One thought on “Bertobatlah Sebelum Masa Itu Tiba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *