#Kamisfilmkhilafah, Tren Tagar soal Film Dokumenter JKdN

MuslimahNews.com, NASIONAL – Ramai di media sosial terkait film dokumenter “Jejak Khilafah di Nusantara” (JKdN) yang akan tayang Kamis, 20 Agustus 2020, bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah.

Tagar #Kamisfilmkhilafah pun tren di Twitter pada Selasa (18/8/20) kemarin. Berbarengan dengan tren tersebut, seruan terhadap tiket gratis film yang menguak perjalanan agama Islam ke Nusantara itu membuat tagar #TiketGratisFilmKhilafah turut populer.

Dalam trailer-nya, JKdN yang dalam produksinya bekerja sama dengan Komunitas Literasi Islam ini, akan menyuguhkan awal mula perkembangan Islam dari Aceh, Sumatra secara umum, Pulau Jawa, hingga wilayah lainnya.

Muhammad Nicko T. Pandawa, salah satu sejarawan yang terlibat dalam produksi film ini mengatakan, film ini akan membuka gerbang sejarah peradaban Islam di Nusantara dan memberikan kunci yang hilang di masa lalu.

Ia mengungkap, Khilafah Islamiyah yang dulu pernah berpusat di Turki mempunyai hubungan yang sangat erat dengan Nusantara, bahkan keeratan itu telah muncul sejak masa Khalifah Utsman.

“Ada kompleks makam di Aceh Utara yang isinya ternyata Bani Abbasiyah. Dan mereka disinyalir menjadi pejabat di Kesultanan Samudera Pasai,” katanya dikutip dari beritaislam.org (15/8/20).

Berhubungan dengan kejayaan Islam di kerajaan Ottoman atau Utsmaniyah, yang sudah tidak asing dengan perdagangan yang dilakukan, membuat warga Aceh banyak memeluk Islam sebagaimana mayoritas masyarakat Ottoman dan pemerintahannya.

Baca juga:  Jejak Khilafah di Nusantara, Bukti Tak Terbantahkan! (Bagian 2/2)

Lebih lanjut menurut Nicko, Khalifah Utsman mengirim utusan ke Cina melewati Nusantara. Ditemukan di daerah Lhokseumawe, Aceh Utara, pemakaman keturunan Abbasiyah.

Alumnus Sejarah Peradaban Islam ini mengatakan, tim produksi film JKdN berusaha menyajikan sejarah Islam yang kredibel melalui film dokumenter berdasarkan data-data otentik yang tersebar di Nusantara.

“Jejak-jejak ini tidak terlihat, dikaburkan seperti tertutup pasir. Nah, dalam film ini kita akan menyapu pasir itu sehingga jejak-jejak itu bisa terlihat,” ujarnya dalam talk show pre-launching Film JKdN di kanal Youtube Khilafah Channel, pada Ahad (2/8/2020) lalu.

Sementara itu, founder media Dakwah Islam, Rizqi Awal berkomentar, kalau hari ini ramai pembahasan soal akhir zaman, maka tidak bisa tidak kita akan membahas tentang Khilafah.

“Karena tentu pertarungan penaklukan Roma, perlawanan dengan Dajjal, dan perang besar akhir zaman, tidak bisa lepas dari keterlibatan kekuasaan Islam yang sangat besar di akhir zaman nanti,” tulisnya dalam rilis ia kirimkan.

Dalam peluncuran awalnya, film dokumenter ini memang banyak memunculkan pro dan kontra, baik dari warganet maupun kalangan sejarawan itu sendiri.

“Sekali lagi, saya mau tak mau harus bicara, bahwa Khilafah, itu yang pasti datang. Sebab itu sesuatu yang telah dijanjikan. Entah kapan, tapi setidaknya kita berupaya menjadi proses kehadiran Khilafah ala minhaj nubuwwah,” ujar Awal.

Baca juga:  Sekularisme Singkirkan Islam dari Negara

Awal pun mengajak untuk bersama menyimak film JKdN yang akan tayang besok.

“Jadi, mari kita simak film dokumenter tersebut, mau tidak mau, film ini, akan menjadi khazanah pengetahuan, untuk kita yang mendukung maupun yang menolak Khilafah,” tuturnya.

Hingga berita ini disiarkan, sudah ada lebih dari ratusan ribu unggahan tentang penayangan Film JKdN. Tiket gratis tersebut dapat diperoleh di tautan berikut Bit.ly/tiket-jkdn. [MNews]

3 thoughts on “#Kamisfilmkhilafah, Tren Tagar soal Film Dokumenter JKdN

Tinggalkan Balasan