; LSI Rilis Survei Turunnya Kepercayaan Masyarakat terhadap Ulama, Pengamat: Nyata Tendensius - Muslimah News

LSI Rilis Survei Turunnya Kepercayaan Masyarakat terhadap Ulama, Pengamat: Nyata Tendensius

MuslimahNews.com, KOMENTAR POLITIK – Klaim menurunnya kepercayaan publik terhadap ulama pascakontestasi Pilkada 2017 dan Pemilu 2019 yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA, direspons pakar politik Islam, Ustazah Asma Amnina. Menurutnya, survei tersebut tidak perlu ditanggapi serius karena hasilnya nyata tendensius.

“Rakyat Indonesia tidak sebodoh yang dikira oleh lembaga survei tersebut. Bisa dikata ini bagian dari skenario mengelabui masyarakat melalui berbagai cara untuk menjauhkan umat dari ulama,” jelas Ustazah pada MNews, Kamis (14/11/2019).

Mudah untuk menilai betapa tendensiusnya survei ini, lanjutnya, sebab faktanya negeri dengan mayoritas Muslim ini justru menunjukkan sebaliknya.

“Kepercayaan mereka (umat) pada ulama malah semakin kuat. Lihat saja berbagai acara bermakna hijrah yang selalu melimpah ruah pesertanya, juga pengajian-pengajian milenial yang semakin diminati remaja,” ujarnya.

Ustazah Asma juga memaparkan bahwa berbagai majelis taklim di masyarakat umum kini menjadi tempat mencari solusi berbagai persoalan hidup yang menghimpit mereka. Sehingga sangat mengherankan bila dikatakan kepercayaan terhadap ulama menurun.

“Kalau dikatakan semakin menurun, mengapa banyak kajian yang diselenggarakan di kampus-kampus, sekolah-sekolah, atau komunitas-komunitas masyarakat bawa-bawa ulama atau ormas tertentu? Atau saat kampanye, mengapa para ulama justru selalu dijadikan speaker keberhasilan raup suara masyarakat, dan untuk memenangkan pilpres kemarin butuh walpres ulama?” paparnya.

Dari sinilah, menurut Ustazah Asma, jelas survei ini ingin sebar keraguan pada masyarakat akan kepercayaannya pada ulama.

“Bisa dipastikan tidak akan berhasil,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, survei yang disampaikan LSI Denny JA pada Rabu (13/11/2019) adalah hasil jajak pendapat pada Juli 2018 dan survei lanjutan pada September 2019.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby menjabarkan, pada Juli 2018 sebesar 91,3 persen masyarakat percaya imbauan tokoh agama khususnya ulama. Lalu dalam survei lanjutan pada September 2019 atau pascapilpres, tingkat kepercayaan tersebut sedikit menurun menjadi 85,1 persen.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby. (Suara.com/Stephanus Aranditio).

Menurut Adjie, keterlibatan sebagian ulama dalam mendukung calon tertentu selama Pilpres 2019 lalu ditengarai memengaruhi persepsi publik (umat) terhadap ulama. [MNews]


Bagaimana menurut Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *