AnalisisOpini

India Mencaplok Kashmir di Bawah Bayang-bayang Gelap ‘‘Israel’’

India sekarang adalah pasar senjata terbesar untuk perdagangan senjata ‘Israel’; kedua negara melakukan latihan militer bersama; dan ‘Israel’ menggunakan Gurun Negev untuk melatih tentara India dalam taktik menekan populasi sipil, keahliannya dipelajari melalui penindasan warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat.


MuslimahNews.com, ANALISIS — Kedalaman cinta antara Perdana Menteri ‘Israel’ Benjamin Netanyahu dan rekan Indianya Narendra Modi memiliki beberapa kesamaan. Banyak sifat menyatukan para pemimpin otoriter, haus kekuasaan, dan kaum populis yang telah bangkit akhir-akhir ini, namun hanya sedikit yang menikmati jenis hubungan yang berkembang antara Modi dan Netanyahu.

Keduanya berada di liga mereka sendiri; kembar siam yang bersatu beberapa orang mengatakan, yang persahabatannya ditempa melalui ideologi rasis yang sama dan ketidaksukaan mendalam terhadap minoritas.

Keduanya saling menyampaikan kasih sayang mereka satu sama lain kemarin. Netanyahu menanggapi deklarasi Modi tentang persahabatan “abadi” dengan mengatakan: “Terima kasih, teman saya, PM India @narendramodi. Saya sangat setuju dengan Anda. Hubungan mendalam antara ‘Israel’ dan India berakar dari persahabatan yang kuat antara orang ‘Israel’ dan India. Kami bekerja sama dalam banyak bidang. Saya tahu ikatan kami hanya akan menguat di masa depan!

Pemujaan Netanyahu dipicu oleh ciutan Modi di mana dia berterimakasih kepada ciutan Kedutaan ‘Israel’ di Twitter: “Semoga persahabatan kita yang semakin menguat & kerjasama yang berkembang menyentuh titik yang lebih tinggi.” Menjawab dalam bahasa Ibrani, Modi mengatakan: “Terima kasih; Saya ucapkan selamat Hari Persahabatan kepada rakyat ‘Israel’ dan teman @netanyahu. ‘Israel’ dan India telah membuktikan persahabatan mereka dari waktu ke waktu. Hubungan kita kuat dan abadi. Saya berharap persahabaan kita akan terus berkembang dan tumbuh lebih jauh lagi.”

Saling tukar pujian itu terjadi ketika India bersiap lebih kurang mencaplok negara bagian Jammu dan Kashmir (J&K) yang mayoritas Muslim dengan mencabut status khususnya.

Pemerintahan nasionalis Hindu sayap kanan mendorong maju dengan sebuah langkah permusuhan untuk mencabut bagian dari konstitusi yang memberikan Kashmir yang dikelola India status khusus, yang dilihat sebagai langkah yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Ini tidak berbeda dengan upaya ‘Israel’ yang sedang berlangsung untuk merebut seluruh Tepi Barat dan juga kemungkinan akan memicu kerusuhan.

Baca juga:  Layakkah Berlaku Rahmah kepada Israel?

Pasal 370 merupakan pasal yang sensitif karena menjamin otonomi yang signifikan untuk wilayah yang disengketakan dengan membiarkan 12 juta orang yang tinggal di Jammu dan Kashmir memiliki konstitusi mereka sendiri, bendera terpisah dan kemerdekaan atas semua hal kecuali urusan luar negeri, pertahanan dan komunikasi.

Keputusan India telah dikecam oleh mantan kepala menteri negara itu, Mehbooba Mufti, yang dilaporkan oleh BBC mengatakan bahwa langkah itu secara efektif menjadikan India sebagai kekuatan penjajah. “Hari ini menandai hari paling gelap dalam demokrasi India,tweet-nya, menambahkan bahwa “keputusan sepihak” pemerintah “ilegal dan inkonstitusional.”

Keputusan Modi, yang merupakan pemenuhan janji yang dibuat oleh partai nasionalis Hindu sayap kanannya selama kampanye pemilu 2019, diperkirakan akan mengarah pada kekerasan dan penangkapan. Aktivis di lapangan di Kashmir berbicara kepada MEMO tentang “pemadaman komunikasi total sejak tengah malam” dan melaporkan bahwa “seluruh Kashmir berada di bawah jam malam yang tidak ditentukan.”

Dalam beberapa hari terakhir, pemerintah India juga telah memindahkan 10.000 tentara ke tempat yang sudah menjadi salah satu daerah yang paling termiliterisasi di dunia dan memerintahkan wisatawan dan peziarah Hindu untuk meninggalkan lembah Himalaya.

Para prajurit yang baru dikirim akan bergabung dengan hampir 700.000 tentara India yang sudah dikerahkan di Kashmir yang dikelola India, tempat para demonstran sipil dan pemberontak bersenjata menginginkan kebebasan untuk Kashmir yang mayoritas Muslim dari India atau melebur dengan Pakistan. Baik India dan Pakistan mengklaim wilayah Kashmir sepenuhnya dan telah berperang dua dari tiga perang mereka.

Rencana Modi untuk Kashmir yang dikelola India memiliki kesamaan luar biasa dengan cara di mana Netanyahu, dengan pemerintah nasionalis ekstrim sayap kanan yang serupa, ingin mencaplok Tepi Barat. Ikatan ideologis antara versi ekstrem Zionisme yang diwakili oleh Netanyahu dan nasionalisme Hindu ekstrim dari Hindutva, yang diwakili oleh Modi, hampir identik: keduanya adalah ideologi politik; keduanya menganut konsep yang sama tentang gerakan etno-nasionalis sayap kanan yang menggunakan agama untuk mencapai tujuannya, dan keduanya salah menggambarkan sejarah untuk membenarkan kekejaman terhadap minoritas dalam mengejar visi politik eksklusif dan diskriminatif.

Baca juga:  33 Resolusi PBB Saja Dicuekin Israel, Apalagi Sekadar Diplomasi Yahya Staquf

Anggota Hinduvta, seperti rekan ideologis mereka di ‘Israel’, berbicara secara terbuka tentang pembersihan etnis dan mengusir komunitas minoritas: yang mencakup Dalit, Muslim, Kristen, Sikh, Ravidas dan Buddha dalam kasus Hindu ekstremis, dan Kristen dan Palestina Muslim dalam kasus ‘Israel’.

Visi mereka berakar pada fasisme dan supremasi kulit putih. Hindutva secara umum diidentifikasi sebagai ideologi penuntun Nasionalis Hindu Rashtriya Swayamsevak Sangh (RSS) yang mana Modi menjadi anggotanya.

Profil ideologi RSS menunjukkan bahwa para pemimpinnya mengambil inspirasi dari kelompok sayap kanan Eropa yang fasis dan para pemimpin mereka, termasuk Hitler dan Mussolini. Ketua lama, M. S Golwalkar, dikatakan telah secara terbuka mengagumi “solusi akhir” Hitler dan ingin menerapkan pendekatan yang sama di India untuk menghilangkan minoritas negara itu. Ini membuat ikatan yang kuat antara Modi dan Netanyahu semakin sulit untuk dipahami.

Sementara kedua negara di bawah penguasa mereka saat ini dapat dikatakan menikmati afinitas ideologis dan berlangganan visi politik eksklusif sayap kanan, keduanya juga terkunci dalam perjuangan dengan kelompok minoritas besar yang menentang pendudukan militer dan penyalahgunaan hak asasi manusia, dengan demikian membuat mereka bersekutu dengan cara yang jarang terjadi di panggung global.

Hubungan kedua negara tidak pernah lebih baik. India sekarang adalah pasar senjata terbesar untuk perdagangan senjata ‘Israel’; kedua negara melakukan latihan militer bersama; dan ‘Israel’ menggunakan Gurun Negev untuk melatih tentara India dalam taktik menekan populasi sipil, keahliannya dipelajari melalui penindasan warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat.

Dalam hal ini bahwa ‘Israel’, mungkin lebih dari pemerintah sayap kanan lainnya, telah unggul. Ini berada dalam posisi yang patut ditiru, menurut penulis ‘Israel’ Jeff Halper, untuk “mengamankan rasa tidak aman” setelah memiliki pengalaman puluhan tahun menekan warga Palestina.Dalam bukunya 2015, War Against the People, Halper berpendapat bahwa ekspor keamanan ‘Israel’ tidak tertandingi karena kemampuannya untuk mengembangkan senjata dan teknik untuk perang perkotaan, pengawasan dan intelijen; apa yang disebut Halper “dominasi spektrum penuh”.

Baca juga:  Teror Bendera Israel dan UU Anti-Terorisme, Membidik Siapa?

Keberhasilan ‘Israel’ diletakkan pada pengetahuan dan pengalamannya dalam mengembangkan teknologi kontrol dan senjata yang telah diuji dalam pertempuran menjadi barang yang “harus dimiliki” di gudang senjata setiap diktator otoriter yang menghadapi populasi yang gelisah.

Ini ditunjukkan dengan jelas ketika “bom pintar” buatan Rafael Spice-2000 buatan ‘Israel’ digunakan oleh angkatan udara India dalam serangannya terhadap Kashmir di Pakistan pada bulan Februari.

Di luar perdagangan dan penjualan senjata, ‘Israel’ juga menemukan sekutu dalam diri Modi di panggung internasional di mana negara Zionis secara teratur mendapat kecaman tajam dari PBB dan badan internasional lainnya.

Pada bulan Juni, perwakilan New Delhi di badan global itu memberikan suara mendukung ‘Israel’ dalam pemungutan suara untuk memberikan status konsultatif kepada LSM hak asasi manusia Palestina, yang akhirnya kehilangan upayanya untuk bergabung dengan Dewan Ekonomi dan Sosial PBB (ECOSOC). Pemungutan suara menandai tahap yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam hubungan antara kedua negara. Sejarah India dalam gerakan anti-kolonial pernah menjadikannya sekutu kuat perjuangan Palestina.

Perdana menteri India sebelumnya, termasuk pendiri negara itu dan pemimpin yang disegani Mahatma Gandhi, penentang ‘Israel’, percaya itu sebagai perusahaan kolonial. Pemimpin gerakan kemerdekaan India melawan Inggris sangat menentang gagasan tanah nasional Yahudi di Palestina, ia percaya itu adalah ekspresi etnonasionalisme yang bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi liberal sekuler.

Dengan memeluk Netanyahu, Modi telah mengkhianati warisan Gandhi dan visinya tentang demokrasi sekuler yang didasarkan pada nasionalisme sipil dan kesetaraan untuk semua, terlepas dari ras dan agama. Demokrasi India memang mendapat pukulan serius. [MN]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *