Dikritik, Cina Berang Peringatkan Warganya di Turki

MuslimahNews.com – Kritik Turki atas perlakuan Cina terhadap Muslim Uyghur di wilayah Xinjiang membuat pemerintah Cina meminta penduduknya di Turki untuk waspada, usai munculnya perselisihan antara kedua negara.

Sebagaimana diberitakan South China Morning Post, Selasa (12/2/2019), Kedutaan Besar Cina di Ankara menganjurkan penduduk dan para pelancong yang pergi ke Turki untuk waspada dan mawas keselamatan pribadi.

Sebelumnya, Turki menyebut perlakuan Cina terhadap warga Muslim Uyghur sebagai tindakan yang memalukan bagi kemanusiaan.

Baca juga: Derita Muslim Uyghur dan Pentingnya Khilafah

Sementara itu, Pemerintah Cina menyatakan bahwa kritikan Turki tersebut sangat keji. Beijing tetap berdalih bahwa apa yang dilakukannya adalah upaya hukum untuk memerangi terorisme.

Sebelumnya, melalui juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki Hami Aksoy, pemerintah Turki menilai Muslim Uyghur menjadi sasaran penyiksaan dan cuci otak.

“Bukan rahasia lagi, lebih dari 1 juta orang Turk Uyghur, yang ditangkap sewenang-wenang, menjadi sasaran penyiksaan dan pencucian otak politik di pusat konsentrasi dan penjara,” tutur Aksoy.[]

%d blogger menyukai ini: