Aksi Protes Cina di Indonesia Curi Perhatian Aktivis Uyghur

MuslimahNews.com — Tak disangka, aksi protes masyarakat Indonesia atas penindasan Pemerintah Cina terhadap Muslim Uyghur Xinjiang mendapat respon warganet Uyghur. Mereka mengaku terharu dan berterima kasih atas perhatian tersebut.

We would like to express our gratitude to the brothers and sisters in #Indonesia who standing for their fellow #Muslims when they need urgent help. May Allah reward you all.

“Kami memberikan banyak rasa terima kasih kepada saudara dan saudari di Indonesia yang berdiri membela Muslim yang membutuhkan bantuan mendesak. Semoga Allah memberikan balasan yang baik bagi kalian semua,” demikian cuitan Abdugheni Sabit di akun Twitter pribadinya, Rabu (18/12/2018).

Cuitan advokat yang kerap menyuarakan pembelaan terhadap Muslim Uyghur di Twitter itu disertai foto-foto aksi Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) beberapa waktu lalu.

Beberapa hari setelahnya, Sabit juga memposting flyer aksi bela Uyghur di Surakarta yang akan digelar esok hari, Jumat 21 Desember 2018. Diketahui, aksi di Surakarta menjadi bagian dari aksi-aksi serupa di beberapa kota di Indonesia pada hari yang sama.

Human Right Watch (HRW) telah mengindentifikasi bahwa pemerintah Cina melakukan penindasan dan diskriminasi terhadap Muslim Uyghur di wilayah Xinjiang. Kamp konsentrasi yang dihuni sekitar satu juta Uyghur juga disebut telah dibangun dengan dalih mencegah aksi ekstremisme.[]Sumber

Baca juga:  Ilmuwan Muslim dari Cina

Tinggalkan Balasan