Tak Berkategori

Sri Mulyani Jadi Menteri Terbaik Dunia, Pengamat Peringatkan soal Darurat Utang

Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira Adhinegara memberi beberapa catatan ke Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati. Hal ini menyusul penghargaan yang diterima Sri Mulyani sebagai Menteri Terbaik di Dunia versi World Government Summit.

Catatan pertama dari Bhima adalah utang pemerintah pusat yang harus dikelola Sri Mulyani dan anak buahnya secara ekstra hati-hati. Dia menilai, utang pemerintah pusat pada 2018 akan mencapai lebih dari Rp 4.000 triliun dan masuk kategori lampu kuning.

“Di 2018, utang akan bertambah sekitar Rp 414 triliun. Artinya total utang sampai akhir tahun ini bisa mencapai sekitar Rp 4.414 triliun. Dan ini sudah masuk lampu kuning sebenarnya, karena sudah 30 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB),” kata Bhima saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Selasa (13/2/2018).

 Asal tahu, data Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan mencatat total utang pemerintah pusat sampai akhir Desember 2017 mencapai Rp 3.938,7 triliun atau nyaris Rp 4.000 triliun.

“Kita harus hati-hati karena kenaikan utang tidak selalu berkorelasi positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Kenaikan utang cukup cepat, tapi pertumbuhan ekonomi stagnan di 5 persen. Ini membuktikan ada yang salah dengan pengelolaan utang kita, kenapa utang tidak produktif‎,” tegas Bhima memberikan catatan ke Sri Mulyani.

Catatan kedua, ‎Bhima mengingatkan pemerintah untuk betul-betul menjaga penerimaan negara. Sebab pada tahun ini, sambungnya, tidak ada lagi program pengampunan pajak (tax amnesty) yang menjadi penopang penerimaan pajak. Dia mencatat, penerimaan pajak di 2017 terjadi shortfall atau kekurangan pajak sekitar Rp 132 triliun.

Baca juga:  [News] Utang Tersembunyi Cina, Ketua HILMI: Merusak Eksistensi Negara

“Salah satu ‎catatan, jangan sampai penerimaan pajak kita yang begitu berat, kemudian pajak jadi agresif. Kalau dalam teori ekonomi, kalau agresif maka pajak justru berisiko membuat pelaku usaha semua menahan diri, apalagi ini tahun politik,” Bhima menjelaskan.

Lebih jauh katanya, kebijakan penerimaan pajak memang harus didorong. Namun, Bhima menyarankan, komunikasi dan skemanya jangan sampai memberatkan pelaku usaha.

“Karena di era Bu Sri Mulyani, banyak sekali kebijakan pajak setengah matang, tapi sudah di lempar ke pelaku usaha sehingga menimbulkan kegaduhan,” ucapnya.

Sebagai contoh, wajib lapor lembaga jasa keuangan atas data nasabah dengan saldo rekening Rp 1 miliar, sebelumnya ditetapkan Rp 200 juta, kemudian didemo dan akhirnya direvisi menjadi Rp 1 miliar.

“Sebelum Bu Sri Mulyani bikin kebijakan pajak, harus dikaji serius sehingga tidak menimbulkan kegaduhan di tengah melambatnya perekonomian,” tuturnya.

Bhima menambahkan, catatan ketiga untuk Sri Mulyani adalah menyangkut pertumbuhan ekonomi nasional yang tidak pernah mencapai target sejak 2014. Saat Sri Mulyani kembali menjabat Menkeu, sambungnya, memangkas target pertumbuhan ekonomi yang terlalu jauh dengan patokan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Hal ini bisa menimbulkan pertanyaan kredibilitas pemerintah dalam menyusun proyeksi anggaran, termasuk asumsi pertumbuhan ekonomi. Harusnya pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa lebih dari 5,2 persen atau sesuai target APBN 2017, tapi faktanya kita hanya tumbuh 5,07 persen,” terang Bhima.

Baca juga:  Bangun Infrastuktur Pakai Utang dari China, Negara-Negara Ini Malah Bangkrut

Menurutnya, hal ini tidak sejalan dengan perbaikan ekonomi dunia. Malaysia, diungkapkan Bhima, mencatatkan pertumbuhan ekonomi 5,8 persen, Filipina 6,6 persen, dan ekonomi India tumbuh 6,6 persen.

“Kalau negara lain bisa lebih tinggi di atas 5 persen (rata-rata), kita hanya 5 persen, artinya mungkin belanja pemerintah tidak efektif mendongkrak pertumbuhan ekonomi, termasuk utang. Kalau dibiarkan begini terus, maka kita mungkin masuk dalam middle income trap pada 2030,” Bhima menutup.

Menteri Terbaik di Dunia

Untuk diketahui, Sri Mulyani mendapatkan Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang berlangsung di Dubai, Uni Arab Emirates. Penghargaan tersebut diserahkan pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

Penghargaan Menteri Terbaik ini merupakan penghargaan global yang diberikan kepada satu orang menteri dari semua negara di dunia setiap tahunnya dan mulai diberikan pada 2016.

Proses seleksi dan penentuan pemenangnya dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young dan diselenggarakan oleh World Government Summit.

Sri Mulyani dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya menjadi penerima pertama dari Asia yang menerima penghargaan tersebut.

Dia mengatakan, penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas kerja kolektif pemerintah di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi), khususnya di bidang ekonomi.

Sri Mulyani juga mendedikasikan penghargaan tersebut kepada 257 juta rakyat Indonesia dan 78.164 jajaran Kementerian Keuangan yang telah bekerja keras untuk mengelola keuangan negara dengan integritas dan komitmen tinggi untuk menciptakan kesejahteraan rakyat yang merata dan berkeadilan.

Baca juga:  Dana Wakaf Diungkit Lagi, Ada Apa?

“Berbagai upaya reformasi kebijakan telah dicanangkan di Kementerian Keuangan, bertujuan untuk mendorong kebijakan fiskal menuju pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. Reformasi birokasi di Kementerian Keuangan juga sudah membuahkan banyak hasil,” ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu 11 Februari 2018.

World Government Summit

World Government Summit merupakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan di Dubai, UAE, dan melibatkan segenap pemimpin pemerintahan dari seluruh dunia. Ini juga menjadi forum dialog global tentang proses pemerintahan dan kebijakan publik serta kaitannya dengan teknologi, inovasi, dan topik lain.

Forum tersebut menjadi ajang pertukaran pengalaman dan pengetahuan antara pejabat pemerintah, penentu kebijakan, pakar, dan pimpinan sektor swasta untuk melihat tren masa depan dan implikasinya bagi kemanusiaan.

World Government Summit dihadiri lebih dari oleh lebih dari 4000 peserta dan 90 pembicara dari 150 negara dan lembaga internasional.

Melalui dukungan pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum, World Government Summit dimulai oleh sekelompok ahli dari berbagai bidang sebagai upaya untuk membawa segenap pemimpin pemerintahan, dunia usaha, dan masyarakat sipil dalam satu forum bersama. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kehidupan 7 miliar penduduk dunia.(liputan6.com, 13/2/2018)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *