Bangladesh Pulangkan Rohingya ke Myanmar, Pengamat: Solusi Jahat dan Berbahaya!

MuslimahNews.com — Pemerintah Bangladesh akan mengembalikan pengungsi Rohingya ke Myanmar dalam beberapa tahapan, kelompok pertama yang terdiri dari 2.000 pengungsi di kamp padat Bangladesh direncanakan akan dipulangkan bulan ini.

Tak yakin dengan rencana repatriasi itu, perwakilan pengungsi Rohingya, Abdul Hakim menyatakan, “Kami masih bersedia mati di kamp ini dan kami tidak akan pulang tanpa jaminan untuk mendapatkan hak kewarganegaraan atau hak penuh,” katanya sebagaimana dikutip AFP.

Salah satu Aktivis Muslimah pengamat politik Asia Tenggara, Fika Komara menganggap pemulangan pengungsi Rohingya adalah solusi jahat dan berbahaya.

Menurutnya hal itu sama saja mengembalikan posisi entitas Rohingya kembali menjadi santapan empuk sang rezim predator Myanmar.

Fika mengungkapkan dua hal yang menjadi sebab terhalangnya peran negeri Muslim untuk menolong Muslim Rohingya yaitu beban ekonomi dan kepentingan nasional yang sempit.

“Di sisi lain ini menunjukkan bentuk egoisme negara-negara Muslim tetangga yang mempertontonkan keengganannya menolong saudara Muslimnya hanya karena beban ekonomi dan kepentingan nasional yang sempit. Kondisi inilah yang mengakibatkan krisis Rohingya seperti tak berujung,” tukasnya pada laman Facebook Fareastern Muslimah & Shariah.[]

%d blogger menyukai ini: