Dua Bahaya Ini yang Terjadi Bila “Islam Nusantara” Tidak Ditolak

MuslimahNews.com – Setidaknya ada dua bahaya yang mengancam kaum Muslimin bila gagasan “Islam Nusantara” tidak ditolak.

“Pertama, reduksi terhadap ajaran-ajaran Islam karena nilai-nilai Islam akan ditafsirkan dan tunduk kepada nilai-nilai yang disebut dengan nilai-nilai kelokalan itu,” ujar pengamat politik dunia Islam Farid Wadjdi dalam wawancara live dengan Radio Dakta 107 FM pada segmen Sorotan Dunia Islam, Rabu (25/7/2018) pagi.

Padahal, lanjutnya, ajaran Islam sudah sempurna (kaffah). Dalam Alquran, Allah SWT berfirman: Alyauma akmaltu lakum diinakum bahwa pada hari ini Aku (maksudnya Allah SWT) telah menyempurnakan agama ini. Artinya agama ini sudah sempurna, sumbernya juga sudah jelas Alquran dan Sunnah.

“Sehingga kalaupun ada adat istiadat atau nilai-nilai kelokalan, itulah yang harus tunduk kepada Alquran dan Sunnah bukan sebaliknya. Bukan malah adat istiadat atau nilai-nilai kelokalan digunakan untuk menyaring ajaran Islam yang mana saja yang sesuai dan diterapkan (yang tidak sesuai ditinggalkan, red), itu yang berbahaya!” bebernya.

Kedua, gagasan Islam Nusantara itu bisa menyebabkan pemecahbelahan umat, seperti Islam Jawa, Islam Eropa dan Islam Nusantara. Sementara kaum Muslim itu adalah umat yang satu, Islam juga Islam yang satu.[] Media Umat

%d blogger menyukai ini: